PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN TPS DAN TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMPN 3 NGUNUT - TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MIFTAKUL - KHASANAH


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v16i1.1058

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  kesenjangan hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa, disebabkan karena guru tidak menggunakan model pembelajaran yang efektif selama proses belajar mengajar serta tidak terciptanya suasana terbuka. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan uji prasyarat, uji Analisis MANOVA dan uji hipotesis.Hasil penelitiannya adalah Menunjukan bahwa statisticujidaritabel MultivariateTestdidapatnilai Pvalue(Sig.)=0.17,karenap value (Sig.)< 0.05makaH0ditolakdanHa diterima.Artinya terdapat perbedaan yang signifikan Model pembelajaran Think Pair Share terhadap Aktivitas belajar dan Hasil belajar IPS. Menunjukkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran talking stickterhadap aktivitas belajar dan hasil belajar karenanilai PValue (Sig) 0,10<0,05, dan nilai PValue (Sig) 0,25<0,05 makaH0ditolak dan Haditerima. (3) Menunjukkan bahwa Fhitung dari Y1 adalah 7,019 > Ftabel  2,77 dan Fhitung dari Y2 adalah 6,238 > Ftabel  2,77. Fhitung > Ftabel maka dapat disimpulkan signifikan Fhitung Y1  = 0,010 < 0,05 dan signifikan Fhitung Y2  = 0,025 < 0,05 maka dikatakan nilai F signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Perbedaan Model pembelajaran Think Pair Share dan Model pembelajaran Talking Stick terhadap Aktivitas belajar dan Hasil belajar IPS.


Full Text:

PDF

Article Metrics :