MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI TRI Nga UNTUK MENUMBUHKAN PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena ada beberapa masalah dalam pembelajaran IPAS di SDN Sidomukti. Misalnya, siswa cenderung tidak aktif, interaksi antara siswa dan guru kurang, serta penggunaan metode pembelajaran yang tidak beragam. Selain itu, siswa kesulitan menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan mereka sehari-hari, sehingga proses belajar tidak terasa bermaknaPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang digabungkan dengan Tri Nga untuk meningkatkan kesadaran lingkungan pada siswa kelas IV SDN Sidomukti, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, serta menggambarkan sikap siswa terhadap lingkungan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Data kemudian dianalisis dengan cara mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL terintegrasi dengan Tri Nga berjalan baik dan memberikan pengalaman belajar yang nyata serta sesuai dengan konteks. Siswa menunjukkan sikap peduli lingkungan melalui tindakan nyata seperti merawat tanaman, menyiram saat piket, tidak merusak tanaman, mengingatkan teman, dan melaporkan jika ada pelanggaran terhadap lingkungan sekolah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anafiah, S., Sudigdo, A., & Masjid, A, Al (2022). Sastra anak: media penumbuhan karakter keemimpinan melalui ajaran Tamansiswa Ngerti, Ngrasa, Nglakoni (Tri Nga). Taman Cendekia : Jurnal Pendidikan ke SD-An, 6(2), 13-22, https://doi.org/10.30738/tc.v6i2.13407.
Ariyani, B, &Kristin, F, (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 353
Astuti, S. P. (2022). ‘Memahami Perubahan Energi Dengan Metode Discovery Learning di Kelas X Tjkt Smk Negeri 2 Penajam Paser Utara’, Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(3), pp. 667–676.
Fitria, Y., & Indra, W. (2021). Pengembangan model pembelajaran PBL berbasis digital untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan dan literasi sains. Deepublish.
Fitriana, E., Nisa, A. F., & Cahyani, B. H. (2024). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning pada materi ipa di sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 09(01). 5567-5580. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11817/5850
Hilda Tsalisa Maulida Rohmi, M. S. P., & Iqfirli Nurfarahin Afifah, U. N. A. I. (2025). Memahami proses fotosintesis pada tumbuhan: kajian mekanisme dan faktor-faktor yang mempengaruhinya: kajian mekanisme dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03), 452-458. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/24522
Irmawati, E., Susanti., & Nisa, A. F. (2024). Penguatan profil pelajar pancasila dimensi kebhinekaan global melalui pendekatan culturally responsive teaching terintegrasi model pembelajaran problem based learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9(1). 2744-2050. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11908/5623
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (2021) Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Available at: https://belajar.kemdikbud.go.id/SitusArtikel/pengembangan-kurikulummerdeka-belajar.
Lestari, Y. (2018). Penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 332–337.
Mukminin, A. (2014). Strategi pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata mandiri. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(02), 227–252.
Nadziroh. (2017). Implementasi ajaran ketamansiswaan tri-nga (ngerti, ngrasa, nglakoni) untuk menanamkan budi pekerti luhur dalam perkuliahan pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Taman Cendekia. 1(2). 93-101.
Nisa, A. F., Rezkita, S., Cahyo Khosiyono, B. H., Wijayanti, A., Murniningsih, M., Utaminingsih, R., Trisniawati, T., & Sumiyati, S. (2022). Basic Science Module as a Resource for Independent Learning for Elementary Teacher Education Students in the Pandemic Covid-19. International Journal of Elementary Education, 6(2), 213–222. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i2.44444
Nurmawati, A. D., Nisa, A. F., Rosianawati, A. Artopo, B., Erva, R. A. L & Nizhomi, B. (2022). Implementasi ajaran tamansiswa tri nga melalui model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran ipa kelas iv sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 1366–1372. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i2.11832
Nusi, C.A., dkk. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran. Damhil Education Journal, 4(1), 57-66. https://doi.org/10.37905/dej.v4i1.2494.
Pramesti R.I, & Wibawa S. (2024). Inovasi Pembelajaran PKn Kelas IV Materi Keberagaman Budaya Indonesia Melalui Penerapan Problem Based Berbasis Ajaran Tri Nga. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume 09Nomor 02, Juni 2024. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/12552/6159
Puspitasari, et al. (2024). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi ajaran tri nga dalam pembelajaran ips untuk menguatkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata. Vol. 5 (2) hal. 198-205. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf
Putri, S. C., Barriyah, I. Q., Wibawa, S., & Nisa, A. F. (2024). Analisis penerapan model problem based learning terintegrasi tri n dengan media canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 9(2). 7471-7485. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/15145/6936
Rahayu, E.P., & Sugito, S. (2018). Implementasi Pemikiran Ki Hdjar Dewantara di taman kanak-kanak. The implementation of Ki Hadjar Dewantara s ideas in kindergarten. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 19-31.
Rahmat & Ewo (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144-159.
Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2231
Ritonga, H. S., Nisa, A. F., Dials, J. G., & Wiarsih, N. (2022). Implementation of problem based learning model in elementary school. International Seminar Commemorating the 100th Anniversary of Tamansiswa. 1(1). 334-338. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/ISECN/article/view/135/69
Sholihah, H., & Nadzifah, L. (2018). Aplikasi Pendidikan Lingkungan Hidup Bagi Anak Tingkat Sekolah Dasar Dalam Membentuk Kepedulian Anak Terhadap Lingkungan. Islamic Review : Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 7(2), 174–190. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v7i2.144.
Suhelayanti, dkk, (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Langsa: Yayasan Kita Menulis.
Sunarsih., Nisa, A. F., Mulyani., & Muhtar. (2023). Implementasi ajaran tri n terintegrasi model problem-based learning dalam meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa kelas 6 sd. JS: Jurnal Sekolah. 7(3). 446-454.
Sutrisno, T., & Nisa, A.F. (2023). Peningkatan hasil belajar ipa sd melalui problem based learning berbantuan media audiovisual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. (1). 315-324. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1168/643
Wiryopranoto, S. et al. (2017). Ki Hadjar Dewantara-Pemikiran dan Perjuangannya. Diterbitkan: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jendral Kebudayaan Kementrian Sosial dan Kebudayaan.
Widayanti, Retna, & Khumaeroh (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema Jurnal, 2(1), 12-13
Wulandari D & Nisa A.F (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan dengan Ajaran Tri Nga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 8, Nomor 2, Juli-Desember 2024 pISSN 2580-6890 eISSN 2580-9075. https://doi.org/10.24929/alpen.v8i2.317
Yuniharto, B.S., & Nisa, A. F. (2022). Implementasi model pembelajaran ajak temani mandiri untuk menanamkan profil pelajar Pancasila. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(1), 65–71. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13733
Yulianto, F., & Mushafanah, Q. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning terintegrasi Social Emotional Learning pada pembeajaran bahasa Indonesia. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 78(1).
DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.9188
Refbacks
- There are currently no refbacks.