INTEGRATING ETHNOSCIENCE INTO SCIENCE LEARNING ASSESSMENT : TOWARD CULTURALLY RESPONSIVE EVALUATION
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Afrianawati, S., Sudarmin, & Sumarni, W. (2016). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pengajaran MIPA Journal of Mathematics and Science Teaching, 21(1), 46–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.669
Agustin, N., Sudarmin, Sumarti, S. S., & Addiani, A. K. (2018). Desain Instrumen Tes Bermuatan Etnosains untuk mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2159–2169. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v12i2.15475
Almuharohmah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP terintegrasi Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika IV 2018, 141–148. Madiun: Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Madiun.
Amalia, D. V., Ilhami, A., Fuadiyah, S., & Kusumanegara, A. (2024). Development Of A Scientific Literacy Instrument Based On Riau Malay Ethnoscience In Science Subjects. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 11(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.33650.pjp.v11i1.6382
Arthana, M. P., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2024). System Literature Review: Peran Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Melatih Keterampilan Higher Order Thinking Skills. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2351–2365.
Darmawati, V. D., Wulandari, A. Y. R., Putra, D. B. R. A., & Sulastri, E. (2025). Validitas Instrumen Soal Literasi Sains pada Konteks Batik Madura Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(1), 173–183. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2284
Dewi, N. P. F. ., Dantes, I. N., & Gunamantha, I. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbasis Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa. Pendasi : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 207–217. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2393
Fatimah, S., Rusilowati, A., & Susilaningsih, E. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Penalaran Ilmiah Berbasis Inkuiri Terintegrasi Etnosains untuk Calon Guru Sekolah Dasar: Studi Analisis Kebutuhan. Seminar Nasional IPA XIV, 1–14. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Fauzan, A., Hariyanto, Rispawati, & Tripayana, I. N. A. (2021). Pendidikan dan Latihan Menghitung Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Beda Soal Bagi Guru PPKn SMAN Se-Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 35–41. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.982
Khairunnisa, A., Gozali, S. M., & Juandi, D. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405
Lestari, R., Surayanah, & Bintartik, L. (2024). Pengembangan Instrumen Tes IPA Berbasis Kearifan Lokal Blitar pada Siswa Sekolah Dasar. Proceedings Series of Educational Studies Seminar Nasional Dan Prosiding PGSD FIP UM 2024, 69–82. Malang: PGSD FIP Universitas Negeri Malang.
Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Purwanti, E. (2021). Development of Science Literature Instruments Contained Ethnoscience in Science Subject for Class IV Elementary School Students. International Journal of Research and Review, 8(9), 423–435. https://doi.org/https://doi.org/10.52403/ijrr.20210954
Maulida, F., & Sunarti, T. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Lamongan. Orbita: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(1), 52–65. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8337
Mukti, H., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Integrasi Etnosains dalam pembelajaran IPA. JPGI : Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 7(4), 356–362. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/022525jpgi0005
Murti, W. W., & Sunarti, T. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal Di Trenggalek. Orbita : Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 33–43. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386
Ningsetyo, M., & Sunarti, T. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal Di Probolinggo. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(2), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.612
Nurjanah, R., Purnamasari, S., & Rahmaniar, A. (2024). Analisis Implementasi Potensi Lokal dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 48–56. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1476
Puspita, D. A. D. Dela, Fauziah, H., Khaerunnisah, Hikmawati, Sihotang, H. K. B., & Rokhmat, J. (2022). Identifikasi Etnosains Yang Memiliki Potensi Untuk Diintegrasikan Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(2), 1–7. https://doi.org/DOI:10.29303/jppfi.v4i2.188
Putri, D. A. H., Asrizal, & Usmeldi. (2022). Pengaruh Integrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Sains Terhadap Hasil Belajar: Meta Analisis. Orbita: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(1), 103–108. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.7600
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 151–156. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
Saputri, H. A., Zulhijrah, Larasati, N. J., & Shaleh. (2023). Analisis Instrumen Assesmen : Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2986–2995. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2268
Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 27–43. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/wms.v13i1.17146
Siswanto, E., & Meiliasari. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 8(1), 45–59. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06
Sole, F. B., & Anggaraeni, D. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah Sains Siswa Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2), 99–105. https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i2.111
Suttrisno. (2024). Pengembangan instrumen Evaluasi Higher Order Thinking Skills Berbasis Etnosains pada Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 2119–2126. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7118
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Widiarini, P., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2025). Integrasi Kearifan Lokal Bali Dalam Pembelajaran IPA Masa Kini. Educational : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 48–60. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/educational.v5i1.4431
Wijaya, I. K. W. B., Suryaningsih, N. M. A., Astiti, K. A., Poerwati, C. E., & Syahputra, A. (2024). Socio Scientific Issue (SSI) Approach as a Momentum to Instill Cultural Literacy and Scientific Literacy Through Natural Science Learning. Jurnal Pendidikan MIPA, 25(2), 972–985. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v25i2.pp972-985
Wijaya, I. K. W. B., Wahyuni, N. N. T., & Yasa, I. M. W. (2024). Pengembangan Buku Cerita Sains Bergambar Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Kelas III Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1636
Wijaya, I. K. W. B., Yasa, I. M. W., & Muliani, N. M. (2023). Menumbuhkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1012–1016. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1259