PROFIL ONLINE COLLABORATION SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN
Abstract
Penilitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji keterampilan online collaboration pada siswa SMPN 1 Bangsalsari terutama pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Keterampilan online collaboration merupakan kemampuan untuk bekerja sama secara efektif dengan orang lain melalui platform digital. Keterampilan tersebut melibatkan penggunaan alat dan teknologi online untuk berkomunikasi, berbagi informasi, dan menyelesaikan tugas bersama. Sampel yang digunakan pada penelitian ini melibatkan siswa dari kelas 9 yang berjumlah dua kelas. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui penugasan kelompok secara online berupa pembuatan poster melalui platform canva. Terdapat beberapa indikator seperti keterampilan menggunakan platform desain grafis seperti canva, jaringan data yang mendukung, kelengkapan pengerjaan tugas, serta keterampilan online collaboration dalam satu kelompok. Keterampilan online collaboration sangat penting dalam pembelajaran, terutama di era digital saat ini di mana pendidikan sering terjadi secara daring.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aji, A. A. P., Ifadah, L., & Muanayah, N. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Nilai Kognitif Peserta Didik di SMP Maarif Tlogomulyo. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipliner, 70-83. https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i2.28
Asih, N. P. R. T., Asni, M. F., & Widana, I. W. (2022). Profil guru di era society 5.0. Widyadari, 23(1), 85-93. https://doi.org/ 10.5281/zenodo.6390955
Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayanti, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(1), 7-18.
Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208-219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130
Fitriasari, N. S., Apriansyah, M. R., & Antika, R. N. (2020). Pembelajaran kolaboratif berbasis online. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 77-86.
Harahap, S. H., Aritonang, M. C. T., & Situmorang, A. (2024). Dampak Teknologi pada Proses Penulisan dan Publikasi Akademik. Journal on Education, 6(4), 22738-22746.
Korkman, N., & Metin, M. (2021). The Effect of Inquiry-Based Collaborative Learning and Inquiry-Based Online Collaborative Learning on Success and Permanent Learning of Students. Journal of Science Learning, 4(2), 151-159.
Kusmardiningsih, W. T. (2024). Transformasi Digital dan Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik. MANAGIERE: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 1-24. https://doi.org/10.35719/managiere.v3i1.1950
Pardamean, B., Suparyanto, T., Anugrahana, A., Anugraheni, I., & Sudigyo, D. (2022). Implementasi team-based learning dalam pengembangan pembelajaran online berbasis artificial intelligence. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 118-126. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p118-126
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778-27787.
Purwanti, K. L., Adriyani, Z., & Fatmawati, E. (2022). Analisis Pembelajaran Aktif berbasis Keterampilan Abad 21 pada Guru MI di Kota Semarang. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.5906
Ramadhan, G. A., & Khomsani, I. (2024). Strategi Pemanfaatan Media Presentasi Canva untuk Menguatkan Keterampilan Kolaborasi pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas X-1 SMA Negeri 3 Semarang. Civic Society Research and Education: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 14-23
Sakdiah, A., Putri, F. A., Amelia, N. S., Sinal, S., & Anshori, M. I. (2024). Remote Work Dan Mangement Team Virtual: Pengelolaan Team Yang Tersebar Geografis, Alat Kolaborasi Online, Dan Pengukuran Produktivitas. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 2(1), 01-17. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i1.985
Winata, M. S., & Nugraha, R. N. (2024). Transformasi Digital dalam Pendidikan Indonesia untuk Menghadapi Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(5), 101-110. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i5.3371
Zebua, F. R. S. (2023). Analisis tantangan dan peluang guru di era digital. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21-28. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.55