PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LEAFLET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI IPA
Abstract
Penelitian ini memiliki dua tujuan, yakni: 1) Membuktikan jika terdapat perbedaan dalam kecakapan berpikir kreatif siswa di kelas yang menerapkan model PjBL berbantuan leaflet. 2) Besar pengaruh penerapan Model pembelajaran PjBL di kelas eksperimen dalam memengaruhi kecakapan berpikir kreatif siswa pada materi IPA Kelas V. Desain yang digunakan yakni penelitian eksperimen dan percobaan dengan sifat desain Non equivalent control group design. Populasi yang digunakan yakni kelas VB dan VA SD 7 Singkawang. Pengujian menggunakan model desain purposive sampling. Dari data analisis ditemukan perbedaan antara kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran PjBL berbantuan leaflet dan kelas konvensional. Hasil ini didapatkan dari uji T, di mana nilai t hitung adalah 2.20 > t tabel yakni 2.02. Selanjutnya dari penggunaan effect size didapatkan nilai 0,95 yang menunjukkan jika Penelitian ini memiliki pengaruh besar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Agustiawan, H., & Irawati, H. (2022). Bioeduca: Journal of Biology Education. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(2), 1–11.
Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 1–8.
Ariani, C., Makrifatul, S., Bengkulu, I., & Id, S. C. (2023). Pembelajaran IPA di MI dalam Konsep Kurikulum Merdeka belajar. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 1–7.
Fauziah, C., Nuvitalia, D., & Saptaningrum, E. (2018). Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 125–132.
Febriyanti, A. F., Susanta, A. S., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas V SD Negeri. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 176–183.
Halawa, E. S. (2021). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Anak Usia Dini Melalui Media Komik Di Ii Sd Negeri 071057 Hiliweto Gido. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 1–8.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 1–17.
Hikmah, L. N., & Agustin, R. D. (2017). Pengaruh model pembelajaran Project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Prismatika, 1(1), 1–9.
Maulida, N. R. A. (2018). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Ipa Berbasis Model Pembelajaran Poe (Predict Observe Explain ) Pada Materi Usaha Dan Energi. Journal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(1), 1–6.
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 1–7.
Pratiwi, N., Ahmad, E., & Disman. (2023). Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Ekonomi SMA pada Kurikulum Merdeka Oleh: 7, 143–154.
Puspita, A. M., Utomo, E., & Purwanto, A. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPA Kelas III Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 55–65.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (E. Munastiwi & H. Ardi (eds.); cetakan pe). Erhaka utama.
Sari, D. M., Ikhsan, M., & Abidin, Z. (2018). The development of learning instruments using the creative problem-solving learning model to improve students’ creative thinking skills in mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1088(1), 1–6.
Sesfao, M. (2020). Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Tamansiswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar Pendahuluan Hal pertama yang muncul dalam pikiran saya ketika membaca tema umum. Prosiding Seminar Nasional “Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa,” 1(1), 261–272.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.pdf (cetakan 20). Alfabeta.
Wijayanti, R. (2015). Buku Ajar Metodelogi Penetilitan. In Angewandte Chemie International Edition (1st ed.). Stie widya gama lumajang.
Winarso, W., & Yuliyanti, D. D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Leaflet Berbasis Kemampuan Kognitif Siswa Berdasarkan Teori Bruner. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 11.