PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN LKS NON-EKSPERIMEN MATERI “TANAH DAN KEBERLANGSUNGAN KEHIDUPAN” TERHADAP TINGKAT LITERASI SAINS

Monica Aprilia
Rizky Febriyani Putri
Ratna Yulinda


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.6083

Abstract


Mengkaji dampak strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi sains siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Banjarmasin melalui penggunaan LKS non-eksperimental yang berkaitan dengan kelestarian tanah dan kehidupan adalah tujuan utama penelitian ini. Partisipan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 7 Banjarmasin. Kelas IX dari Ruang A dan Kelas IX dari Ruang B yang masing-masing berjumlah 26 siswa menjadi contoh dalam penelitian ini. Sebuah metode yang dikenal sebagai purposive sampling digunakan untuk memilih sampel. Kelas IX di ruang A dijadikan sebagai kelompok kontrol, sedangkan kelas IX di ruang B dijadikan sebagai kelompok eksperimen. Pemeriksaan dan pencatatan merupakan sarana pengumpulan informasi. Dengan menggunakan Asymp.Sig, kami dapat menganalisis sejauh mana siswa memiliki literasi sains. Karena hasil uji 2 sisi kurang dari 0,05 (0,000), kita boleh menerima H1 dan menolak H0. Tingkat literasi sains siswa kelas IX SMP Negeri 7 Banjarmasin ditemukan terdampak oleh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing yang menggunakan LKS non-eksperimental tentang tanah dan kelestarian kehidupan.


Keywords


inkuiri terbimbing; literasi sains; LKS

Article Metrics :

References


Ali, J. (2021). Upaya Peningkatan Keterampilanpraktik Untukmengoptimalkan Metode Eksperimen/Non-Eksperimenpada Siswa Kelas XII IPA-2. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 49-59.

Erdani, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 45-52.

Khoiri, A. (2020). Analisis Kritis Pendidikan Sains Di Indonesia: (Problematika, Solusi dan Model Keterpaduan Sains Dasar). Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 19-32.

Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 444-452.

Mutasam, U., & Ibrohim. (2020). Penerapan Pembelajaran Sains Berbasis Inquiry Based Learning Terintegrasi Nature of Science Terhadap Literasi Sains. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1467-1472.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7911-7915.

Sari, F. F., & Lahade, S. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. JURNA LBASICEDU, 797 - 802.

Siahaan, K. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 195-205.

Sufinasa, A., & Hasanuddin. (2023). Studi Deskripsi Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik kelas VIII SMPN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 39-46.