ANALISIS PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA SD DAN SMP TERHADAP PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN DAN OPTIMASI LITERASI SAINS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan literasi sains siswa SD dan SMP dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA, untuk meningkatkan pemahaman konsep sains dan keterampilan ilmiah mereka. Menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara pada siswa. Intervensi dilakukan dengan menggunakan lingkungan sekolah untuk melakukan kegiatan ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep sains dan keterampilan siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan dibandingkan dengan sebelumnya. Pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran efektif meningkatkan literasi sains siswa, mengembangkan pemahaman konseptual dan keterampilan ilmiah mereka, serta disarankan untuk diterapkan lebih luas dalam kurikulum pendidikan sains guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan bermakna.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Amrulloh, M. F., Hadyanto, T., Sirodjudin, M., Rofiq, A., & Syah, A. D. M. (2022). Menumbuhkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan melalui Program Go-Green di SDN Pajaran I (Vol. 3, Issue 3).
Aryani, I., Ikhsan, M. I., & Khoirunisa, E. (2022). Inorganic Waste Management Into Ecobrick In Margosanten Hamlet, Sepanjang Village, Tawangmangu District, Karanganyar Regency 1. Proceeding Biology Education Conference, 19(1), 183–189.
Azizah, H. P., Ilhami, A., & Hafiza, N. (2022). Pengembangan E-Modul IPA SMP Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) : Systematic Review. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(4). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i4.206
Candra, C., Sutarna, N., Mustika, M., Cahya Utami, M., Dwi Cahyani, N., & Muhammadiyah Kuningan, S. (2023). Pemanfaatan Sampah Plastik Melalui Ecobrick di Desa Cikondang. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2731–2739. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6640
Farmasari, S., Azis, A., Sulastri, Nadiawati, E., Surasdiani, Handayani, D., Rizaldi, R., Dewi Kartika, D., Mernissi, Z., Nurjanah, E., & Waskita Dewi, M. (2023). Program Plastic Exchange Dan Pemanfaatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik di Desa Langko. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 908–914. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.6742
Fiantika, F. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Y. Novita, Ed.). PT. Global Eksekutif Teknologi.
HIdayah, R. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa melalui Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat di SDN Surokarsan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 5(8), 477–486.
Kerdiati, N. L. K. R., & Darmastuti, P. A. (2023). Penerapan Konsep 3R (Reduce-Reuse-Recycle) untuk Material Interior Berkelanjutan. Journal of Viswa Design, 3(2), 95–104.
Marshush, U. H., Abubakar, E., & Rahmatullah, A. (2023). Pengelolaan Sampah Anorganik di Kelurahan Tlogosari Kulon Kota Semarang. Ajad : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.223
Mumbaasithoh, L., Dya Meylasari, N., Nursidik, D., & Surya Asih, S. (2022). Implementasi Program Go Green School Di Indonesia Sebagai Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Teknologi, 15(2), 104–109. https://doi.org/10.34151/jurtek.v15i2.3079
Nurliana, S., Wiryono, W., Haryanto, H., & Syarifuddin, S. (2021). Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2), 262–271. https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.17789
Putri, C. D., Fransiska Soejono, M.J. Tyra, Alvin, Efelyn Virginnia, Patrick Heaven, & Rudy Hansen. (2023). Pengelolaan Limbah Botol Plastik: Kreativitas Anak-Anak Panti Asuhan Bunda Nuraida. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 99–109. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i1.1144
Putro Utomo, A., Narulita, E., Nur, R., & Billah, I. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socio-scientific issue (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 4(2), 2020. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.1259
Shinta, A. (2019). Penguatan Pendidikan Pro-Lingkungan Hidup di Sekolah - Sekolah untuk Meningkatkan Kepedulian Generasi Muda Pada Lingkungan Hidup. Best Publisher.
Tamala, S., Hanifah, N. H., Zahrani, K., Galuh, S. T., Adji, F. B., & Husamah, H. (2022). Program go green in school: No plastic and greening. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 100–104. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i3.24010
Yusiyaka, R. A., & Yanti, A. D. (2021). Ecobrick Solusi Cerdas Dan Praktis Untuk Pengelolaan Sampah Plastik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2),68–74.https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC