PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES DALAM MENDUKUNG LITERASI SAINS PESERTA DIDIK TEMA BAHAYA MEROKOK

Nia Nihayah
Sjaifuddin Sjaifuddin
Lulu Tunjung Biru


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5960

Abstract


Penelitian ini berjudul pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Socio-scientific Issues dalam Mendukung Literasi Sains Peserta Didik Tema Bahaya Merokok. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan tingkat kevalidan dari pengembangan LKPD yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Researchh and Development (RnD) Thiagarajan dengan tiga tahapan yang terdiri dari define, design, dan develop. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini dalam hasil rekapitulasi dari validasi ahli materi, ahli media dan ahli praktisi adalah sangat valid dengan persentase 88,96%. Sehingga produk yang telah dikembangkan dapat diuji cobakan kepada peserta didik untuk mendukung literasi sains.


Keywords


LKPD; Socio-scientific Issues; Literasi Sains; Bahaya Merokok

Article Metrics :

References


Addis, M. et al. (2019). Scientific Discovery in the Social Sciences. New York: Springer International Publishing.

Magdalena, I., dkk. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2 (2), 311-326. https:// ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/index

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morgan, L. P. et al. (2013) A Framework for Socio-scientific Issues Based Education. Science Educator, 22(1), 26-32. https://files.eric.ed.gov/ full text/EJ1062183.pdf

Morris, H. (2014). Socioscientific Issues and Multidisciplinarity in School Science Textbooks. International Journal of Science Education, 30(7), 1137-1158. 10.1080/09500693. 2013. 848493

Narut, Y. F. dan Supardi, K. 2019. Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61-69. https://doi.org/10.36928/jipd.v3i1.214

Nazilah, N. et al. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Research, 2(1), 8-16. https://doi.org/ 10.21107/nser.v2i1.4162

Nurani, Dwi. et al. (2022). Edisi Serba Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Jakarta: Kemedikbudristek.

OECD. (2013). PISA 2012 Asssessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus. Programme for International Student Assessment. Paris: OECD Publishing.

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D, dan Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24-29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bndung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan dan Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistik. Bandung: Alfabeta.

Sadijono, A. (2008). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sadler, T. D., Romineb, W. L., and Topcu, M. S. (2016). Learning Science Content Through Socio-Scientific Issues-Based Instruction: A Multi-Level Assessment Study. International Journal of Science Education, 38 (10), 1622-1635. 10.1080/09500693.2016. 1204481

Sari, R. I., dan Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Semester Gasal Kelas XI OTKP di SMK YPM 3 Taman. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 440-448 https://doi.org/ 10.26740/jpap.v8n3.p440-448

Saunders, K.J dan Rennie, L. J. (2013). A Pedagogical Model for Ethical Inquiry into Socio-Scientific Issues in Science. Research in Science Education, 43(1), 253-274. https://doi.org/10.1007/ s11165-011-9248-z

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulalitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susantini, E. (2012). Pengembangan Petunjuk Praktikum Genetika untuk Melatih Keterampilan Berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 1(2): 102-108.10.15294/jpii.v1i2.2126

Susanto, et al. (2023). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Mata Kuliah Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(1), 1-10. 10.26737/ jpipsi.v8i1.3112

Thiagarajan, A., et al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.

Toharudin, U., Hendrawati, S., dan Rustaman, A. (2013). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Toman, U. et al. (2013). Extended Worksheet Developed According to 5e Model Based on Constructivist Learning Approach. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(4), 173-183. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED566964.pdf

Ulumudin, I., dkk. (2017). KAJIAN BUKU TEKS DAN PENGAYAAN: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jakarta: Kemendikbud, Balitbang.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21-28. 10.31949/ jcp. v3i2.592

Zeidler, D. L. (2014). Socioscientific Issues as A Curriculum Emphasis: Theory, Research and Practice. New York: Routledge.