PENGEMBANGAN e-BOOKLET BERBASIS SERVICE LEARNING TEMA AYO JAGA SEKOLAH KITA UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas dan keterbacaan e-booklet berbasis service learning tema ayo jaga sekolah kita untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa SMP kelas IX. Metode dan desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan 4D (four-D). Instrumen yang digunakan berupa lembar angket validasi ahli dan lembar angket uji keterbacaan. Kemudian data dianalisis secara kualitatif dan juga kuantitatif. Hasil dari validasi penelitian ini sebesar 86,67% pada kategori “Sangat Valid” dan hasil dari uji keterbacaan sebesar 81,86% pada kategori “Sangat Baik”. Hal tersebut menunjukan bahwa e-booklet berbasis service learning tema ayo jaga sekolah kita sudah sangat valid untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa SMP kelas IX serta dinilai mampu membantu siswa mempelajari materi tema ayo jaga sekolah kita dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Andhani, N. D., Ningsih, K., & Tenriawaru, A. B. (2020). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Inkuiri Terbimbing pada Submateri Invertebrata Kelas X. Biologi Edukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(1), 7–21. https://doi.org/ https://doi.org/10.24815/jbe.v13i1.20389
Andi, P. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Press.
Aprillia, I. N., & Asri, M. T. (2021). Validitas Modul Berbasis Discovery Learning untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains pada Materi Virus Kelas X SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(2), 240–249. https://doi.org/ 10.26740/bioedu.v10n2.p240-249
Azzet, A. M. (2016). Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia : Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Budiarti, S., Nuswowati, M., & Cahyono, E. (2016). Guided Inquiry Berbantuan E-Modul untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 144–152. http://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/jise
Campbell, M. C. (1999). Perceptions of price unfairness: Antecedents and consequences. Journal of Marketing Research, 36(2), 187–199. https://doi. org/https://doi.org/10.2307/3152092
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Ernis, P., & Wahyuni, N. (2021). Penguasaan PUEBI Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(1), 71–82. https:// doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2927
Ginanjar, A. A. (2020). Analisis Tingkat Keterbacaan Teks Dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 158. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4216
Gumanti, T. A., Yunidar, & Syahruddin. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Handayani, M., & Purwanto, A. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan di SD Budi Mulia Dua Bintaro. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 15(1), 33–36. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/md.v15i1.21651
Harianti, N. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Nomor 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. https://repository. unja.ac.id/2190/
Kasi, K., Sumarmi, & Astina, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Service Learning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 3(4), 437–440. https ://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10733
Pujiasih, Isnaeni, W., & Ridlo, S. (2021). Android-Based E-Booklet Development t o Train Students ’ Critical Thinking And Attitude of Caring for Environment. Journal of Innovative Science Education, 10(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/ JISE.V9I2.39913
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Qashlim, A., & Hasruddin. (2015). Implementasi Teknologi QR-Code untuk Kartu Identitas. Jurnal Ilmu Komputer, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.35329/jiik.v1i2.13
Raharjo, D. C., & Santi, A. U. P. (2020). Pengaruh Pengetahuan Pengelolaan Sampah di Sekolah Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa di SDN Batan Indah. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9041
Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59. https://doi.org/https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.30
Setiani, A., Novendra, A. M., Almujab, S., Indriani, R., & Hamdani, A. R. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Service Learning Berbantuan Web Based Geotagging untuk Meningkatkan Efektivitas Blended Learning. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(1), 230–243. https:// doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6686
Setiyaningrum. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(2), 306–317. https://doi.org/https://doi.org/ 10.26740/jpap.v8n2.p305-317
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. In National Center for Improvement Educational System. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Widjaja, S. T., Mulyati, Y., & Syarih, M. (2014). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan Aspek Materi dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 162–172. https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2049
Yanti, Y., & Yusliani, E. (2020). Meta-Analisis : Pengaruh Integrasi Pendidikan Lingkungan dalam Pembelajaran IPA Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9–16. https://doi.org/https:// doi.org/10.24036/jppf.v6i1.108590