PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF-EFFICACY SISWA KELAS V PADA MATERI EKOSISTEM DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian yang valid, reliabel dan praktis untuk mengukur self-efficacy dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini, self-efficacy yang diadaptasi oleh Albert Bandura, yang terdiri dari 3 konstruk, yaitu: (1) Level, (2) Strength, (3) Generality. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan Model 4-D. Untuk subjek penelitian ini melibatkan 50 responden dari total siswa kelas V SD Negeri 029 Sungai Pinang dan SD Madani Islamic School. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 25.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua item kuesioner valid dan reliabel dengan nilai reliabilitas Cronbach’s Alpha rata-rata yang tinggi (0,773 > 0,6), dan setiap item pernyataan memiliki nilai (0,770 - 0,791) dengan nilai konstruk total 0,750. Dapat disimpulkan bahwa tersedianya instrumen yang layak dapat digunakan untuk mengukur self-efficacy siswa dalam pembelajaran IPA di SD yang memenuhi persyaratan sebagai tes yang valid, reliabel, dan praktis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
REFERENSI
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249
Astalini, & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap SIswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS) Vol, 07(01).
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2020). Multiple intelligences instrument development: Identification system of multiple intelligences tutor. REID (Research and Evaluation in Education), 6(2), 119–129. https://doi.org/10.21831/reid.v6i2.35120
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. In Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Penerbit Mitra Wacana Media.
Darmawangsa, R. (2017). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Mata Pelajaran Fisika. Universitas Jambi: Jambi.
Dumaini, N. K. D., Putrayasa, I. B., & Widiana, I. W. (2022). Pengembangan Instrumen Penguasaan Konsep IPA dan Self Efficacy pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 45–56.
Fahruna, Y., & Fahmi, M. (2017). Validitas dan Reliabilitas Konstruk Pengukuran Perpustakaan Ideal Berbasis Pemakai dengan Pendekatan LIBQUAL. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(2), 161. https://doi.org/10.26418/jebik.v6i2.22989
Faruqi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Journal EVALUASI, 2(1), 294. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.80
Hairida. (2017). Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Self Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Kimia. Edusains, 9(1), 53–59. https://doi.org/10.15408/es.v9i1.4000
Handono, D., Nisa, A. F., & Prihatni, Y. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. EDUKASI Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 15(02), 263–278.
Ihsan, H. (2015). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 266. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i2.3557
Jatmiko, & Fiantika, F. R. (2017). Sebuah Rekam Jejak Proses Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Video Animasi 3D Portofolio. Jurnal Math Educator Nusantara, 3(01), 01–57.
Koyan, I. W. (2011). Assesmen dalam Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Luthfi, I., Djuniadi, D., & Syaiful, R. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Peminatan Peserta Didik SMA Negeri 1 Semarang. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 39–45.
Novena, V. V., & Kriswandani. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Active Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Self-Efficacy. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 552–564. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2719
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puti, S., & Jumadi. (2015). Pengembangan Modul IPA SMP Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 79–90. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7239
Rasyid, H., & Mansur. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.
Revita, R., Kurniati, A., & Andriani, L. (2018). Analisis Instrumen Tes Akhir Kemampuan Komunikasi Matematika Untuk Siswa Smp Pada Materi Fungsi Dan Relasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 8–19. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.44
Saidah, S., & Aulia, L. A.-A. (2019). Hubungan Self Efficacy dengan Adversity Quotient (AQ). Jurnal Psikologi, II(2), 54–61.
Schunk, D. (1990). Goal-Setting and Self-Efficacy during Self Regulated Learning. Educational Psychologist.
Setyawati, R. D., Happy, N., & Murtianto, Y. H. (2017). Instrumen Angket Self-Esteem Mahasiswa Ditinjau Dari Validitas Dan Reliabitas. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 174–186. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.2.1932
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional, Development for Trainning Teacher of Exceptional Children. Minnesota: Indiana University.