PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK SMP"

Sabrina Amelia Puteri
Monica Prima Sari
Skunda Diliarosta
Aulia Azhar
Arief Muttaqiin
Firda Az Zahra


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5819

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan argumentasi peserta didik SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan desain Non-Equivalent Control group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 8 kelas di SMP Negeri 4 Padang. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dan cara pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil analisis deskriptif peningkatan kemampuan argumentasi peserta didik didapatkan melalui skor N-Gain pada kelas eksperimen 0,57 pada kategori sedang dan kelas kontrol 0,30 pada kategori sedang. Berdasarkan data uji hipotesis yang sudah dianalisis dengan menggunakan uji-t menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata kemampuan argumentasi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.


Keywords


Argument-Driven Inquiry (ADI); kemampuan argumentasi

Article Metrics :

References


Arfiany, N., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI Terhadap Peningkatan Keterampilan Argumentasi Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 24–35. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.31575

Ariani, C. (2023). Pembelajaran IPA di MI dalam Konsep Kurikulum Merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26792

Berlian, L., Taufik, A. N., & Iman, A. (2021). Pengembangan instrumen tes argumentasi tulisan yang berorientasi E-learning untuk melatih keterampilan argumentasi mahasiswa. Bio Education, 6, 1–12.

Dewi, D. R. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123

Ishaq, I. M., Khaeruddin, K., & Usman, U. (2022). Analisis Kemampuan Berargumentasi Dalam Pembelajaran Fisika Peserta Didik Sma Negeri 8 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 17(3), 211. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.29781

Kivunja, C. (2014). Teaching Students to Learn and to Work Well with 21st Century Skills: Unpacking the Career and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm. International Journal of Higher Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187

Putra, D. J., Hasnunidah, N., & Jalmo, T. (2019). Pengaruh Argument Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Bioterdidik, 7(1), 1–10. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/download/17062/12198

Putri, P. A. W., Rahayu, S., & Fajaroh, F. (2020). Efektivitas Argument-Driven Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Ilmiah pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 57. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13132

Safitri, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Argumen Driven Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Argumenasi Siswa SMA. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Utami, P. Q., Sumari, S., & Dasna, I. W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(4), 122. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i4.15217

Walker, J. P., & Sampson, V. (2013). Argument-driven inquiry: Using the laboratory to improve undergraduates’ science writing skills through meaningful science writing, peer-review, and revision. Journal of Chemical Education, 90(10), 1269–1274. https://doi.org/10.1021/ed300656p

Yanuar, A., & Pius, I. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDK Wignya Mandala Melalui Pembelajaran Kooperatif. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.53544/sapa.v8i1.327