EFEKTIVITAS POWTOON BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBMATERI TEKANAN ZAT KELAS VIII SMPN 1 SUNGAI KAKAP
Abstract
Langkah awal yang menjadi bagian dari teruwujudnya capaian belajar adalah pemilihan media yang tepat. Riset dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari powtoon berbasis inkuiri terbimbing terhadap keberhasilan belajar siswa. Instrumen dari metode Quasi Experimental Design yang digunakan berupa 20 soal tes. Pengundian secara acak dilakukan untuk penentuan kelas yang menjadi sampel dimana VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Masing-masing terdiri dari 32 orang siswa di SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Setelah masuk tahap analisis, diketahui nilai dari penerapan powtoon sebesar 76,56, sedangkan nilai dari penerapan powerpoint adalah 68.59. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji Independet Sampel t-test, dimana sebelumnya data dihitung normalitas dan homogenitas menggunakan program SPSS 25. Kemudian masuk ke pengujian Independet Sampel t-test dengan nilai Sig. = 0,000 yang memiliki arti adanya efek yang diberikan dari penerapan powtoon tersebut. Namun tidak pada penerapan powerpoint. Langkah terakhir yaitu menghitung effect size dengan perolehan sebesar 1.29 tergolong tinggi dan memberikan kontribusi sebesar 40.32 % dalam pembelajaran. Sehingga terbukti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan bantuan video powtoon.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arsana, I. K. S., Katili, A. Y., & Sulasmi. (2020). Analisis penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar di SMP Negeri 2 Gorontalo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 37- 49. https:// dx.doi.org/10.24269/dpp.v8i3.2051.
Becker, L.A. (1999). Effect size calculators. Colorado Springs, UCCS: University of Colorado.
Deliviana, E. (2017). Aplikasi powtoon sebagai media pembelajaran: manfaat dan problematikanya, makalah diseminarkan pada Seminar Nasional Dies Natalis ke-56 UNM, Universitas Negeri Makassar. Diunduh di http://repository.uki.ac.id/354/.
Djamarah, & Zain. (2013). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). Pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial terpadu. Educational Technologia, 3(2), 101-114. Diunduh di htpps://ejournal.upi.edu/index.php/edute chnologia/article/view/8957.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66-79. https://dx.doi.org/10.24252/Ip.2014v17n1a5.
Hartatik, S., Umar, S., & Yani T., A. (2014). Pengembangan adobe flash untuk perolehan kecakapan masalah dalam pembelajaran matematika kelas XI SMK Negeri 1 Sintang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7), 1- 11. https:// dx.doi.org/ 10.26418/jppk.v3i7.6249.
Hermayani, A. Z., Dwiastuti, S., & Marjono. (2015). Peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem melalui penerapan model inkuiri terbimbing. bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 79-85. https:// dx.doi.org/10.2427/bioedukasi.v6i2335.
Istiqomah, P., Wherdhiana, I. K., & Wahyono, U. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap peningkatan pemahaman konsep suhu dan kalor pada siswa kelas X MAN 1 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 5(3), 28- 32. Diunduh di https://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.ph p/EPFT/article/view/8868.
Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kasman. (2020). Pengembangan multimedia teknologi pembelajaran. Jurnal PENDAIS, 2(2), 137-148. Diunduh di https://uit.e-journal.id.
Kresnandya, T. F. (2020). Pengaruh media video animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep vertebrata. Jurnal Metaedukasi, 2(1). https:// dx.doi.org/ 10.37058/metaedukasi.v12.1810.
Kurniawan, T, D. (2016) Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD Sekecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(1), 21-26. https:// dx.doi.org/10.30738/trihayu.v3i1.739.
Magdalena, R. & Krisanti, M.A. (2019). Analisis penyebab dan solusi rekonsiliasi finished goods menggunakan hipotesis statistik dengan metode pengujian independent sample t test di PT. Merck, Tbk. Jurnal Tekno, 16(1), 35-48. https:// dx.doi.org/ 10.33557/jtekno.v16i1.623.
Mahendra, M. R., Supriansyah, & Zulherman. (2021). Development of macromedia flash-based mathematics learning for elementary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012006. https:// dx.doi.org/10.1088/1742- 6596/1783/1/012006.
Nurharyani, D., Sardimi, & Jumrodah. (2015). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar konsep sistem peredaran darah manusia siswa kelas VIII MTS Raudhatul Jannah Palangkaraya. Edusains, 3(2), 125-140. https://dx.doi.org/ 10.23971/eds.v3i2.366.
Pangestu, M. D., & Wafa, A. A. (2018). Pengembangan multimedia interaktif powtoon pad mata pelajaran ekonomoi pokok bahasan kebijakan moneter untuk siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 71-79. https://dx.doi.org/ 10.17977/UM014v11i12018p071
Pratiwi, M. S., Zulherman, & Amirullah, G. (2021). The use of the powtoon application in learning videos for elementary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https:// dx.doi.org/ 10.1088/1742- 6596/1783/1/012115.
Pratiwi, N., Sompotan, A., & Lolowang, J. (2023). Efektivitas pembelajaran inovatif menggunakan powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi tekanan zat di SMP Negeri 2 Dumoga. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 91-97. https:// dx.doi.org/ 10.53682/charmsains.v4i2.250.
Rahmawati, A. (2022). Kelebihan dan kekurangan powtoon sebagai media pembelajaran. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 1-8. https:// dx.doi.org/10.33654/jpl.v17i1.1797.
Sabilla, A. F., Irianto, S., & Badarudin. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar menggunakan animasi powtoon di kelas IV SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 317– 322. https://dx.doi.org/10.5281/zenodo.3951014.
Santos, J. M. (2017). 21st century learning skills: A challenge in every classroom. international journal of emerging multidisciplinary research, 1(1), 31-35. https://dx.doi.org/ 10.22662/IJEMR.2017.1.1.031.
Scolastika, G. E, Barella, Y., Aminuyati, Okianna, & Atmaja, T. S. (2022). Efektivitas penerapan media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 598- 605.https://dx.doi.org/10.26418/jpsh.v13i2.57842.
Solikha, N., Suchainah, & Rasyida, I. (2020). Efektifitas pembelajaran e-learning berbasis schoology terhadap peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa X IPS MAN Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 31–42. Diunduh di https://jiesjournal.com.
Sudjana, N. (2014). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suhendra, I., Enawaty, E., & Melati, H. A. (2016). Pengaruh penggunaan media audio-visual powtoon terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi unsur senyawa campuran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 1- 8. https:// dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24238