PENINGKATAN LITERASI IPA MELALUI PBL BERBASIS TOULMIN'S ARGUMENT PATTERN (TAP)
Abstract
Pembelajaran IPA di sekolah masih berorientasi pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kemampuan argumentasi dan tingkat literasi sains pada peserta didik, serta mengevaluasi pengaruh dari penerapan Problem Base Learning (PBL) dengan pendekatan Toulmin's Argument Pattern (TAP) melalui Teaching at the Right Level dalam meningkatkan literasi IPA mereka. Metode penelitian ini melibatkan penggunaan model PBL dengan fokus pada pengembangan keterampilan argumentasi berdasarkan pola argumen Toulmin. Penilaian dilakukan dengan mengukur tingkat kemampuan argumentasi dan pemahaman belajar peserta didik secara kelompok dan individu sebelum dan setelah penerapan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan argumentasi dan pemahaman belajar sebesar 53% pada Siklus 1 dan 81% pada Siklus 2, dengan tingkat motivasi belajar IPA mencapai 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL dengan pendekatan TAP efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik, memperkuat argumentasi mereka, dan mempromosikan pemahaman yang lebih dalam terhadap materi IPA.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aaidati, I. F., Subanji, S., Sulandra, I. M., dan Permadi, H. 2022. Student Argumentation Structure in Solving Statistical Problems Based on Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika. DOI : https://doi.org/10.22342/jpm.16.2.16633
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Banegas, J. A. 2013. Argumentation in Mathematics BT - The Argument of Mathematics. A. Aberdein & I. J. Dove. Springer Netherlands.. DOI: https://doi.org/10.1007/978- 94-007-6534-4_4
Delia, P. P., Hadma, Y., and Santiani. 2023. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa (Studi Meta Analisis). Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA vol 6 no 1. DOI : https://doi.org/10.29100/.v6i1.4223
Faizah, S., Rahmawati, N. D., dan Murniasih, T. R. 2021. Investigasi Struktur Argumen Mahasiswa Dalam Pembuktian Aljabar Berdasarkan Skema Toulmin. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. DOI : https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3781
Hanifa, R. M., Nurul, S. F. A., Chitta, F., dan Rizal, M. Z. 2021. Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan vol 12 no 1 DOI : https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Irvan, A. B., Admoko, S. 2020. Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Berbasis Pola Toulmin’s Argument Pattern (TAP) Menggunakan Model Argument Driven Inquiry dan Diskusi Pada Pembelajaran. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika vol 9 no 3.DOI : https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p318-324
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2024. Permendikbud No 12 tentang Kurikulum Merdeka jenjang Paud, SD, SMP.
Kemmis and Taggart. 1990. The Action Research Planner. Victorio. Deakin. Univ Press. DOI : https://dx.doi.org/10.1080/09650790903093284
Laamena, C. M., & Nusantara, T. 2019. Prospective mathematics teachers’ argumentation structure when constructing a mathematical proof: The importance of backing. Beta: Jurnal Tadris Matematika. DOI : https://doi.org/10.20414/betajtm.v12i1.272
Mahmuda, N., Sentot, K., dan Asep, M. 2017. Penguasan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA dengan Inkuiri Berbasis Argumentasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan vol 2 no 7. DOI : : 10.17977/jptpp.v2i7.9692
Mariana, E., Wardany, K., dan Aprillia, D. S. A. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA vol 12 no 3. DOI : https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.621
Mahrunnisya, D. 2023. Keterampilan Pembelajar Di Abad Ke-21. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia vol 2 no 1. DOI : https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol2.Iss1.598
Maso, N, A Hatibe, dan IK Werdhiana. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemecahan Masalah pada Siswa. Jurnal Kreatif Online vol 9 no 3 DOI : https://doi.org/10.22487/jko.v9i3.1352
National Research Council (NRC). 2012. Education for Life and Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21st Century. Washington, DC: The National Academies Press. DOI : https://doi.org/10.17226/13398
Nengah, I. S., Agung, I. G. N. S ., Rai A. A. S. 2020. Pola Argumen Toulmin Pada Proses Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. DOI : https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24151
Osborne, J 2010, ‘Arguing to Learn in Science’: “The Role of Collaborative, Critical Discourse. American Association for the Advancement of Science”, 1200 New York Avenue, Washington, DC 2005
Pratiwi, P., Fransiska, P. S. 2021. Cooperative Learning Model with Jigsaw Type Improves Students’ Sciences Process Skills and Learning Outcomes Jurnal Pendidikan Indonesia vol 10 no 1. DOI : https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v10i1.25203
Setiawan, B., Dewi, L., Zainal, R. A., dan Asep, H. 2023. Desain Pelatihan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Lintas Jenjang Pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik vol 7 no 1. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.65625
Siska, S., Triani, W., Yunita, Y., Maryuningsih, Y., dan Ubaidillah, M. 2020. Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, vol 8 no 1 DOI : https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1490
Tahir, W. (2017). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Inspiratif Pendidikan. Jurnal UIN Alaiudin : Inspiratif Pendidikan vol 6 no 1. DOI : https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.3578.
Thathit, M. W. W., Rahman, A. H, Iva, N. W., Imam, M. S., Admoko, S. 2021. Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education vol 5 no 1. DOI : https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.79-91
Toulmin, S. (2003). The Use of Argument . New York: Cambridge University Press. DOI :
https://doi.org/10.1017/CBO9780511840005
Widiastiningsih, R., Arsial., Haris, M. E. H. 2022. Pengembangan E-Modul berbasis Pola Argumentasi Toulmin untuk Meningkatkan Argumentasi Siswa. PENDIPA Journal of Science Education vol 6 no 2. DOI : https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.410-414
Winarni, D. S., dan Nugraheni, D. 2021. In Seminar Nasional IPA XI Inovasi Pembeljaran IPA yang Berwawasan Lingkungan Di Masa Pandemi. Jurnal Ivet : Manggali vo 2 no 1. DOI: https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.1968
Zainul, M. A., Sudirman, dan Rustanto, R. 2023. Struktur Argumentasi Mahasiswa dalam Pembuktian Sifat Ketertutupan Suatu Grup. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika vol 7 no 3. DOI : https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2534