PENERAPAN PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA

Dinda Mayang Adella Putri
Mitarlis Mitarlis
Jazilatur Rohmah


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5754

Abstract


Berdasarkan hasil profilling melalui asesmen awal, gaya belajar peserta didik kelas VII-J, bahwa diperoleh 25 orang peserta didik yang memiliki gaya belajara visual, sehingga guru dapat merancang pembelajaran yang disusun dengan menambahkan puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konten Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia melalui media puzzle yang diimplementasikan pada LKPD. Teknik penelitian yang diterapkan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action Research). Jumlah sampel yang digunakan siswa kelas VII-J SMP Negeri 2 Krian mencakup 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest dan posttest juga nilai N-Gain yang diperoleh pada setiap siklusnya dengan menggunakan media puzzle mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tersebut maka kesimpulan penelitian ini adalah media puzzle efektif meningkatkan hasil belajar materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia dalam pembelajaran IPA.


Keywords


media puzzle; hasil belajar; PBL; IPA

Article Metrics :

References


Afandi, A. N. H. (2021). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Siklus Air Melalui Media Puzzle Berbantuan Kartu Siklus Air Pada Siswa Kelas V SDN Besowo 2 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(2), 71–80. https://doi.org/10.53624/ptk.v1i2.19

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/ islamika.v3i1.1047

Aldiyah, E. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pengembangan Sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Proses Pembelajaran Ipa Di Smp. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 67–76. https://doi.org/10.51878/ teaching.v1i1.85

Alifiyah, F. L. N., Firdaus, T., Wulandari, A. Y. R., & Putera, D. B. R. A. (2023). Cyberspace Metaverse Connected to Artificial Intelligence: Analysis of Merdeka Curriculum Interactive Multimedia Needs on Science Material. International Journal of Science Education and Teaching, 2(3), 150–161. https://www.research gate.net/profile/Thoriqi-Firdaus/publication/377622269_Cyberspace_Metaverse_Connected_to_Artificial_Intelligence_Analysis_of_Merdeka_Curriculum_Interactive_Multimedia_Needs_on_Science_Material/links/65afb5d16c7ad06ab4258dc7/Cyberspace-

Aulia, M., Khairunnisa, Y., & Sari, M. M. (2024). Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning Kurikulum Merdeka Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Dalam Pembelajaran Ipa Di Smp Negeri 24 Banjarmasin. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(7), 2205–2218. https://www.bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/7575

Azizah, S. A., Priantari, I., Kurniawati, E., Irma S, S., & Rif’an Fauzi, M. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Puzzle Kelas X A di SMAM 2 Wuluhan. Jurnal Biologi, 1(4), 1–10. https :/ /doi.org/10.47134/biology.v1i4.1992

Fakhru Ahsani, E. L., & Ariyanti, M. Y. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Beajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iv Sd 5 Pasuruhan Lor. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 60–69. https ://doi.org/10.24929/alpen.v6i2.151

Hanifah, A., Mudzanatun, M., & Sukamto, S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantu Media Puzzle Board Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 443. https://doi.org/10.23887/ jippg. v3i3.29244

Jurnal, L., Tri Kurnia, V., & Tika Damayani, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192–201.

Magfiroh, L. U., & Fajar, D. M. (2022). Development of Angiospermal Encyclopedia in the Java Tradition in Kaliwining Village As a Supporting Book for Junior High School Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 3(1), 30–42. https:// doi.org/10.21154/insecta.v3i1.3960

Maulidah, A. N., & Aslam, A. A. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 281. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488

Mazidah, N. R., & Sartika, S. B. (2023). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Grabagan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.36232/ jurnal pendidikandasar.v5i1.3192

Mimah, M., & Khayatinufus, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas Vii Di Smp N 15 Tegal Pada Pembelajaran Ipa Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG), 1(2), 1069–1078.

Mutohhari, F., Sutiman, S., Nurtanto, M., Kholifah, N., & Samsudin, A. (2021). Difficulties in implementing 21st century skills competence in vocational education learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1229–1236. https://doi.org/ 10.11591/ ijere.v10i4.22028

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Nurpratiwiningsih, L., & Mumpuni, A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 1–6. https://doi.org/10.46772/ konteks tual.v1i01.52

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/ 10.47492/jip.v1i5.177

Rahmawati, D., Fahrezy Sutikno, M. A., & Wulandari, H. U. (2023). Penanaman Mangrove Kawasan Pesisir Mangunharjo Bentuk Pelestarian Ekosistem Sebagai Upaya Penyelamatan Generasi. Jurnal Dharma Indonesia, 1(1), 13–19. https ://doi.org/10.15294/jdi.v1i1.68445

Rusanti, F., Khoirul Umam, N., & Wahyuning Subayani, N. (2022). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make a Match Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf Kelas 3. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 344–352. https:// doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.778

Sakundari, K. I., & Rizqi, H. Y. (2024). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 8(1), 601–614. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Sari, L. A., Khasanah, U., & Sulistyaningsih, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.76179

Simarmata, H. A., & Mayuni, I. (2023). Curriculum Reform In Indonesia: From Competency-Based To Freedom Of Learning. International Journal of Pedagogical Novelty (IJOPNOV), 2(2), 1–13. https://jurnal.pustakagaleri mandiri.co.id/index.php/IJOPNOV

Syarif, M. I. (2020). Disrupsi Pendidikan IPA Sekolah Dasar dalam Menyikapi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Menuju New Normal Pasca COVID-19. Jurnal Basicedu, 4(4), 927–937. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v4i4.487

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Widura, I. D. G. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 190–199.https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35695

Yetti, R. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 8 Smpn 15 Mukomuko. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(1), 50–56. https://doi.org/10.51878/ secondary.v2i1.840

Yogi Anggraena, Dion Ginanto, Nisa Felicia, Ardanti Andiarti, Indriyanti Herutami, Leli Alhapip, Setiyo Iswoyo, Yayuk Hartini, R. L. M. (2017). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 123.