PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR FLASHCARD UNTUK MEMFASILITASI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Silva Salsa Salsabilla - [ http://orcid.org/0000-0002-1825-0097 ]
Lukman Nulhakim
Septi Kurniasih


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5752

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas media pembelajaran flashcard yang dikembangkan, mengetahui respon siswa terhadap media tersebut, serta mengetahui bahwa media tersebut dapat memfasilitasi minat belajar siswa. Minat belajar merupakan ketertarikan seseorang untuk dapat mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas. Seorang siswa akan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan semangat dan antusias jika siswa tersebut memiliki minat yang tinggi. Salah satu hal yang dapat mendukung minat belajar yang dimiliki oleh siswa dapat berupa media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran flashcard dengan materi klasifikasi makhluk hidup yang valid untuk memfasilitasi minat belajar siswa SMP kelas VII dengan melakukan uji respon pengguna/siswa. Hasil penelitian mendapatkan tingkat validitas media yang valid dengan persentase sebesar 80,36% dan uji respon pengguna/siswa mendapatkan hasil yang sangat baik memperoleh persentase sebesar 93,05%. Dari hasil tersebut flashcard ini dapat digunakan dan dapat memfasilitasi minat belajar siswa kelas VII SMP. Untuk penelitian selanjutnya bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Keywords


Flashcard; Klasifikasi Makhluk Hidup; Minat Belajar; Respon Siswa; Validitas

Article Metrics :

References


Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta.

Fauzi, F. (2022). Pengembangan Media Flashcard Dengan Augmented Reality “Bioteknologi” Untuk SMP Kelas IX. Universitas Negeri Jakarta.

Ishak Abdulhak & Deni Darmawan. Teknologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911

Purnamasari, Herni, dkk. Kunci Determinasi dan Flashcard Sebagai Media Pembelajaran Inkuiri Klasifikasi Makhluk Hidup SMP. Unnes Journal of Biology Education. 1 (3) (2019).

Rabeka, Yeni, Titin. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Pontianak: Universitas Tanjungpura, 2018.

Retno Bulan Amalatus Sholeha. Pengembangan Media Flashcard Dengan Sistem Permainan Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Di SMPN 2 Panti Jember. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq, 2022.

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, N., Setyawan, H., Immawati, S., Santoso, G., & Usman, M. (2022). Pengembangan Media Flipbook Berbasis Fabel untuk Meningkatkan Pemahaman Pesan Moral pada Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8314–8330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i 5.3735