PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D SAPONIFIKASI BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENSTIMULUS BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI MAKROMOLEKUL
Abstract
Pengembangan video animasi 2D berbasis kontekstual tentang saponifikasi bertujuan meningkatkan pemahaman dan merangsang berpikir kritis siswa pada materi makromolekul. Video ini mengaitkan konsep saponifikasi dengan situasi sehari-hari dan mengintegrasikan teori pembelajaran konstruktivis serta strategi multimedia interaktif. Dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation), video ini dinilai oleh ahli materi dan media. Analisis kebutuhan melibatkan wawancara guru kimia, angket siswa, dan tinjauan literatur. Uji validasi dengan indeks Aiken’s V dan partisipasi 14 validator menunjukkan hasil sangat baik. Uji terbatas di SMAN 4 Kota Serang kelas XI menunjukkan respons positif siswa dengan nilai aspek media 0,88, materi 0,89, dan kontekstual 0,91. Rata-rata validitas 0,89 menunjukkan video ini valid dan layak digunakan, membantu siswa memahami materi lebih efektif dan menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Hadi, M., Kusuma, I., Gede, I., Sindu, P., Nengah, I., & Mertayasa, E. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 2 Dimensi Pada Materi Catur Marga Yoga Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Kalibukbuk. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 11(3), 313–323.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/ 10.15575/jipai. v1i1. 11042
Irwan, I., & Hasnawi, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 235–245. https:// doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.343
Kibari, M. A., Ratumbuysang, M., & ... (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Pictory. Ai pada Mata Kuliah Manajemen Koperasi dan UMKM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa …. Didaktika: Jurnal …, 12(4), 867–880. https://www. jurnaldidaktika.org/contents/article/view/311%0Ahttps://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/download/311/220
Kamelia, L. (2015). Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Juni 2015, IX(1), 1. https://www.gob.mx/ semar/ que-hacemos
Retno, R. S. (2021). Analisis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbasis Budaya Lokal Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan …, 620–629. http://prosiding. rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/197
Mc Cabe, Smith, J.C., and Harriot,1985,Unit Operation of Chemical Engineering, 4th ed., New York: Mc Graw Hill Book Co., Inc.
Mahayati, E., Atok, K. K., Firmansyah, F. A., Ariyanto, S. R., & Rozi, F. (2023). Efektivitas Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(1), 102–108. https://doi.org/10.36706/ jipf.v 10i1.201 70
Masykur, R., & Nofrizal, M. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 2, 2017, Hal 177 - 186
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Mewengkang, A., Rampe, M. J., & Palilingan, S. C. (2020). Oxygenius Journal Of Chemistry Education.
Nurdyansyah. (2019a). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.
Nurdyansyah. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori, Instrumen, dan Analisis Data. Prenada Media Group.
Novianti, N., Khaulah, S., & Abdillah, T. R. (2023). Development of 2D Animation Learning Video Media for the TAPPS Learning Model to reduce Mathematics Phobia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9509–9515. https:// doi.org/ 10.29303/jppipa.v9i11.4962
Rahayu, I. (2009). Praktis Belajar Kimia untuk Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Udin, M. F., & Rezania, V. (2024). The Effect of Animated Learning Media Using Powtoon on Student Learning Outcomes. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 500–513. https:// doi.org/10.51276/edu.v5i1.694
Retno, R. S. (2021). Analisis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbasis Budaya Lokal Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan …, 620–629. http://prosiding. Rcipub lisher.org/index.php/prosiding/article/view/197
Paul, R., & Linda, E. (2013). Critical Thinking, Tools for Taking Charge of Your Professional and Personal Life. Pearson Education.
Prasetyo, D. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Video Animasi Berbantuan Microsoft Powerpoint Pada Materi Hidrokarbon Dan Minyak Bumi. FITK UIN Syarif Hidayatullah. Skripsi, 1115016 2000063, 1–308.
Pratama, J., & Vebrianto, R. (2022). Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Kimia Berbentuk Animasi 2D Di SMA Kartini Batam Menggunakan Metode MDLC. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1). http:// journal.uib. ac.id/index.php/nacospro
Riyana, C. (2007). Pengembangan Media Video. Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.
Winarti, R., Masriani, & Sartika, R. (2019). Pengembangan modul biokimia II pada materi metabolisme karbohidrat untuk mahasiswa pendidikan kimia universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 8(1). http://jurnal. untan.ac.id/index.php/ jpdpb/article/view/31081