UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN TaRL PADA PELAJARAN IPA KELAS VII SMPN 1 JOMBANG

Ina Zusdiana
Beni Setiawan
Ervina Vidia Astriya


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5715

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPA materi ekologi dan keanekaragaman hayati melalui pendekatan TaRL. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan 31 peserta didik sebagai subjek penilitian. Deskriptif kuantitatif dengan indikator keberhasilan 75% peserta didik yang tuntas secara klasikal merupakan teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPA materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati dengan menggunakan pendekatan TaRL dalam proses pembelajarannya. Peningkatan antara pra-siklus dan siklus I sebesar 29,1%, sedangkan peningkatan antara siklus I dan siklus II  sebesar 25,8%. Peningkatan hasil belajar antara pra-siklus ke siklus II sebesar 54,9%, dengan presentase ketuntasan klasikal peserta didik pada siklus II sebesar 77,4% yang dapat dikategorikan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan TaRL pada pelajaran IPA materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Hasil Belajar; Pendekatan TaRL; PTK

Article Metrics :

References


Ardhani, A. D., M. L. Ilhamdi, dan S. Istiningsih. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. J. Pijar MIPA. 16(2): 170-175.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. 2021. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

H. Hersyah, A., S. R. Yunus, dan M. H. Alim. 2023. Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. 5 (3): 1070-1075.

Listyaningsih, E., N. Nugraheni, dan I. B. Yuliasih. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TaRL Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 1(6): 620-627.

Lutfi, Ardi, R. Yogica., A. Muttaqiin, dan R. Fitri. 2020. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Purwokerto: CV IRDH.

Mubarokah, S. 2022. Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Ringht Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtidi’yah Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 4(1): 165-179/

Natzir, F., A. Auliah, dan Y. Bara. 2023. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. 5(3): 937-945.

Rahmawati, D., M. A. F. Sutikno, dan H. U. Wulandari. 2023. Penanaman Mangrove Kawasan Pesisir Mangunharjo Bentuk Pelestarian Ekosistem Sebagai Upaya Penyelamatan Generasi. Jurnal Dharma Indonesia. 01(01): 13-19.

Rohani, I. W., Merta, dan T. S. Wijayanti. 2023. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIPA 1 Melalui Penerapan Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Di SMA Negeri 1 Labuanapi. Jurnal Kependidikan. 8(2): 90-95.

Rustiyarso dan T. Wijaya. 2020. Pnduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah.

Sanga, L. D., dan Y. Wangdra. 2023. Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Tekonologi: Universitas Putra Batam.

Saputro, E. K., A. Rakhmawati, dan R. Sunarso. 2023. Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan 2(1): 179-192.

Setyawati, R. C., L. Zakiah, D. A. Saputri, N. S. Ramadhani, dan C. A. Maulidina. 2024. Pendidikan Multikultural Sebagai Landasan untuk Pemberdayaan Siswa Kebutuhan Khusus di SD: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 9(2): 1243-1248.

Susanti, dkk. 2021. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.