PENGARUH PENGGUNAAN PhET SIMULATION HUKUM NEWTON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ICT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Winda Aulia
Vica Dian Aprelia Resti
Liska Berlian


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i1.5707

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan simulator laboratorium virtual PhET sebagai sarana pembelajaran IPA berbasis ICT terhadap kemampuan proses sains siswa di kelas VII Hukum Newton. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Pasarkemis Kabupaten Tangerang pada tahun pelajaran 2023/2024 pada Maret 2024. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Data diperoleh melalui penggunaan metode cluster sampling pada dua kelas subjek penelitian, kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian menggunakan tes (pretest dan postest) berupa pilihan ganda, serta esai dan non-tes (observasi dan kuesioner respons siswa) sebagai instrumen. Mengamati, memprediksi, menginterpretasi data, mencoba, mengklasifikasikan, dan berkomunikasi merupakan beberapa keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian ini. Menurut analisis uji hipotesis, tingkat signifikansi adalah 0,001, kurang dari 0,05. Ini mengakibatkan tolak H0 dan terima H1. Nilai tes meningkat dari pretest 55,92 menjadi posttest 71,36, sedangkan nilai non-tes dari lembar observasi naik dari 63,33 menjadi 81,61 dan lembar angket sebesar 3,08. Maka, kesimpulannya adalah bahwa penggunaan simulasi virtual PhET dalam pembelajaran IPA berbasis ICT dapat berdampak pada keterampilan proses sains siswa kelas VII yang terkait dengan Hukum Newton.


Keywords


PhET Simulation; Keterampilan Proses Sains; Hukum Newton

Article Metrics :

References


Simulation Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Padang Tiji. Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Berlian, L, Taufik, AN, Mulyani, SM, Nulhakim, M, Juansah, DE. 2021. Validity of Research-Oriented General Physiology Learning Tools to Support Science Process Skills. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. Vol 7, No. 2. 134-146.

Berlian, L, Taufik, AN, Nulhakim, L, M, Juansah, DE, Wulandari, F, Nadiyah, D, Ridwan, M, Rahmaniasan, V. 202. Pendampingan Pembuatan Virtual Laboratory untuk Menunjang Praktikum IPA bagi Guru Madrasah. Gema Wiralodra. Vol 13, No. 2. 486-495.

Dwiyanti, A. Na., Riwanto, M. A., & Budiarti, W. N. 2019. Penerapan Laboratorium Virtual Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter pada Siswa. PANCAR. Vol. 3 No. 2. 275-278.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan. Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Jufri, A. W. 2017. Belajar dan Pembelajaran Sains, Modal Dasar Menjadi Guru. Profesional. Bandung : Pustaka Reka Cipta.

Lestari, LA, Nulhakim, L, Berlian, L. 2022. Validasi Lembar Kerja Peserta Didik Tema Tuas Pada Gerak Makhluk Hidup Berbasis Contextual Teaching Learning dalam Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol 12, No. 4. 982-988.

Lubis, F. M. 2015. Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Menggunakan Media Simulasi PhET dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Siswa. Doctoral Dissertation. UNIMED.

Okra. Yulia Novera, 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA di SMPN 3 Jakarta. Jakarta.

Paputungan, Y. 2013. Pengajaran Gelombang Elektromagnetik dengan Menggunakan PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Lolakā€, Jurnal Pendidikan. Vol 3 No 2. 72-73.

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Rusnita, D. 2019. Pembelajaran Simulasi PhET (Physics Education and Technology) dalam Muatan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bumi Rafflesia, Vol. 2 No.1. 1-95.

Shanmugam, K., dan B. Balakhrisnan. 2018. Kerangka Panduan Efektif Pengajaran dan Pemudahcaraan (PdPc) Sains Menggunakan Information Communication Technology (ICT) di Sekolah Jenis Kebangsaan Tamil (SJK) (TAMIL). Sains Humanika. Vol 10. No. 1. 53-60.

Subeki, R., Astriani, D., & Qosyim, A. 2022. Media Simulasi PhET Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Getaran dan Gelombang Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS. Vol. 10 No.1. 45-46.

Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Tipler. 1998. Fisika Untuk Sains dan Teknik. Jakarta : Erlangga.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan. Implementasinya. Jakarta : Bumi Aksara.

Yuniarti. 2011. Remediasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Model Children Learning In Science (CLIS) Pada Materi Gaya di Kelas VIII SMP Negeri 5 Ketapang. Skripsi. Pontianak: FKIP UNTAN.