PENERAPAN PEMBELAJARAN TaRL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 51 SURABAYA PADA PELAJARAN IPA
Abstract
Motivasi belajar peserta didik kerap sebagai penghalang untuk meraih target pendidikan. Masalah lainnya dihadapi oleh peserta didik yakni kurangnya semangat dalam berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar, yang mengakibatkan prestasi belajar yang rendah, ketidakseriusan, ketidakantusiasan, dan kurangnya rasa ingin tahu. Diperlukan strategi yang efektif untuk mendorong peserta didik berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun maksud dari penelitian ini ialah untuk menganalisis penggunaan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam kemajuan motivasi pembelajaran peserta didik kelas VII di SMP Negeri 51 Surabaya dalam bidang studi IPA. Berdasarkan paparan permasalahan diatas, pendekatan TaRL dapat dimanfaatkan dalam memecahkan masalah kurangnya motivasi peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus pertama dan siklus kedua. Planning, Acting, Observing, dan Reflecting adalah tahapan berikutnya yang akan dilaksanakan dalam studi tindakan kelas. Berdasarkan hasil penerapan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) yang telah dilakukan, diketahui yakni metode ini mampu meningkatkan semangat belajar peserta didik berkisar 65,52%, ini menunjukkan peningkatan dalam tipe yang sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abbas, A., & Yusuf Hidayat, M. (2018). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas Ipa Sekolah Menengah Atas. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6 (1), 45-49.https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1a8
Abdulhak, Ishak & Ugi Suprayogi. (2013). Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Nonformal. Depok: Rajagrafindo Persada.
Anggraena Yogi, dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kemdikbudristek.
Budiyani, A., Marlina, R., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 310319.
Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2), 12407-12418. https://doi.org/ 10.31004/ jptam.v6i2.4431
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5 (2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fatah, Moh., Suud, F. M., & Chaer, Moh. T. (2021). Jenis-jenis kesulitan belajar dan faktor penyebabnya sebuah kajian komperehensif pada siswa SMK Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea, 19 (1), 89-102. http://dx.doi.org/10.30595/psychoidea.v19i1.6026
Fatih, M. Al, Alfieridho, A., Sembiring, F. M., & Fadilla, H. (2022). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 421–427. https://doi.org/ 10.33487/edumaspul.v6i1.2260
Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 69 78. https://doi.org/10.37216/ badaa.v4i1.58
Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3 (2), 249. https://doi.org/ 10.23887/jippg.v3i2.28264
Lalu, A. A. (2022). Pengaruh Program Maulana Terhadap Profesionalisme Guru Dan Kemampuan Literasi Dasar Siswa. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 (1), 40-53. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.578
Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Nur, A., Rosyidah, K., Oktaviyanti, I., Erfan, M., & Hamdani, I. (2021). Profil Wawasan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Numerasi Berbasis Level Kemampuan Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 619–630. https://doi.org/ 10.22460/jpmi.v4i3.619-630
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4 (1), 165–179. https:// doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582
Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7 (1), 94-99. https://doi.org/10.33369/ pendipa.7.1.94-99
Nisa, Afiatin, and Dian Renata. 2018. “Analisis Minat Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling.” KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) 5 (2): 119. https:// doi.org/10.24042/kons.v5i2.3058.
Rahmadhani, P., Widya, D., & Setiawati, M. (2022). Dampak Transisi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4). https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol1.Iss4.321
Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 1-10. http://dx.doi.org/10.31000/ prima.v4i1.2079
Rumhadi, Tri. (2017). Urgensi Motivasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan. 1 (1) 33-41.
Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. 5(November), 5241–5246. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Suharyani, Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470–479. https:// doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Syarifudin, Yulianci, S., Ningsyih, S., Hidayah, M. S., Mariamah, & Irfan. (2022). Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Kemampuan Literasi Dasar Siswa. Seminar Nasional Inovasi, 22–27.
Triati, E. (2019). Optimalisasi Peran Widyaiswara dalam Pelaksanaan Pendidikan, Pengajaran, dan Pelatihan. Quantum: Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, 14(1), 42–50.
Waluyo, J. (2019). Analisis hasil belajar peserta diklat teknis substantif kepala madrasah provinsi papua. Honai, 01 (1), 1-13. https://doi.org/ 10.36052/andragogi.v11i2.320
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/ jam.v7i2.3996
Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177. http://dx.doi.org/ 10.24042/terampil.v9i2.13974