PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia kelas VII dengan menerapkan multimedia interaktif berbasis android yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengacu pada Kemmis & Mc.Taggart dalam alur penelitiannya memiliki empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian yang digunakan yakni 32 peserta didik UPT SMPN 29 Gresik kelas VII-F. Data yang diperoleh dalam penelitian yakni hasil tes kognitif baik pretest maupun posttes. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis gain test serta analisis deskriptif kualitatif. Penelitian terdiri atas dua siklus serta tiap siklus dilaksanakan pretest dan posttest. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar setelah menerapkan multimedia interaktif berbasis android. Peningkatan terjadi pada tiap siklus, rata-rata nilai prestest dan posttest siklus I mengalami peningkatan dari 53.75 menjadi 74.375 dengan Gain score sebesar 0.445945946 tergolong kategori sedang. Pada Siklus II terjadi peningkatan rata-rata nilai prestest dan posttest dari 59.0625 menjadi 79.5 dengan Gain score sebesar 0.499237 tergolong kategori sedang.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Efrain, R., Manggopa, H. K., & Liando, O. E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Sekolah Mengengah Pertama. 1.
Elmi, H., Irfan, D., Simatupang, W., & Muskhir, M. (2023). Efektivitas Mobile Learning Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 9(1).
H. P.S. Muttaqin, Sariyasa, & N.K. Suarni. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.613
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8–12. https://doi.org/10.33627/re.v3i2.417
Khusnul Fikri & Bagas Tri Ramadana. (2021). Implementasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Anak Pada Kelurahan Sungaisibam. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 178–183. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i2.3115
Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062
Putri, D. P. E. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 5(2), 104–111. https://doi.org/10.32923/edugama.v5i2.972
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahman, G., & Jahroh, I. S. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Android Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Memotivasi Siswa.
Sabila, M. (n.d.). Pengembangan E-Majalah Biologi Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Kearifan Lokal Suku Minang Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas VII SMP.
Safitri, A. N., Mardani, D. A., Maryani, M., & Darwoto, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Mipa 2 Di Sman 1 Situbondo. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 76. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i2.39660
Saputri, Y. I. (n.d.). Program Studi: Pendidikan Biologi.
Septian, D. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa.
Siregar, B. J., Ndruru, L., & Tamba, S. P. (2021). Android-Based Learning Media for Vocational High School Students. International Journal of Natural Science and Engineering, 5(2), 39–48. https://doi.org/10.23887/ijnse.v5i2.37080
Siti Deti Nurhamidah, Atep Sujana, & Dety Amelia Karlina. (2022). Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1318–1329. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3190
Yurifa, F. S. (n.d.). Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Biologi.