PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TGT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMPN 1 BANGKALAN

Wahida Agustina
Suci Fariandani


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5670

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA menggunakan model  pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas VIII-G SMP Negeri 1 Bangkalan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas menggunakan desain dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini memiliki empat tahapan, antara lain tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan pengamatan, dan tahapan refleksi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan peserta didik kelas VII-G SMP Negeri 1 Bangkalan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan deksriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) mampu meningkatakan motivasi belajar peserta didik kelas VII-G pada mata pelajaran IPA secara positif.


Keywords


kooperatif learning; motivasi belajar; teams games tournament

Article Metrics :

References


Amran, M., & Yahyahidayanti, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen).

Andika, M. Rezki. (2021). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. AlIhtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,1(1), 54 – 66.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Hapsari, Y. H., Hadiyanti, A. H. D., & Zaini, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery Learning Kelas IV SD Negeri Wirosaban. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education.

Hikmawati, Fenti. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Larasati, T. S., & Widiarto, T. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Model Teams Games Tournament Mata Pelajaran IPAS Kelas V. JANACITTA, 7(1), 11-19.

Nurjanah, S., Arifin, F. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Turnament (TGT) dan Pengaruhnya Terhadap Pembelajaran Matematika di MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 193–204.

Rafida, A. E (2023). Pengaruh TGT Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Mapel IPAS SD Muhammadiyah Ambarbinangun Yogyakarta. Satya Widya, 39 (2), 135-146.

Rahmajati, D. A. R., & Dewi, K. K. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Kelas VII F di SMP Negeri 11 Surakarta. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 84-91.

Rahmawati, F., Utami, B., & Mufitdah, N. (2020). Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams-Games-Tournament) dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Animalia Peserta Didik Kelas X IPA SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 7(1), 11-14.

Rani, D. E. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 6(4), 6068–6077.

Supartama, I.N.W., Pujani, N.M., & Priyanka, L.M. (2023). Analisis Motivasi Belajar IPA pada Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 6(2), 195-205.

Yuliawati, A. A. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 356-364.