PENERAPAN PBL BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KPM SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA
Abstract
Kurangnya kemampuan pemecahan masalah IPA menjadi suatu permasalahan yang perlu diatasi. Pemilihan strategi yang tepat merupakan satu diantara sekian cara untuk menyelesaikan masalah tersebut, yaitu dengan penerapan model PBL berbantuan wordwall. Menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara kelas eksperimen yang menerapkan PBL berbantuan Wordwall dengan kelas kontrol yang menerapkan Discovery learning pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia adalah tujuan dari penelitian ini. Adapun metode yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group design. Didapatkan hasil penelitian melalui analisis uji hipotesis dengan menggunakan software statistika mendapatkan perolehan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.003 < 0.05, bahwasanya berdasarkan pada kriteria pengambilan keputusan, H0 akan ditolak dan H1 akan diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa menunjukan adanya perbedaan antar kelas PBL berbantuan wordwall dan kelas discovery learning.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Ahyar, H., Maret, U. S.,dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Cahyani, S. M. R. T., Sjaifuddin, S., & Nestiadi, A. (2022). Pengembangan Media Edukatif Monopoly pada Pembelajaran IPA di Kelas VII SMP Tema Pelestarian Lingkungan. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 315–321. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.315-321
Dwi, D. F., & Napitupulu, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Peserta didik Dalam Pemecahan Masalah Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem based learning. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 174(1), 174–216.
Ermawan, M. Z. F., & Fauziah, A. N. M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah IPA pada Peserta didik SMP dalam Menyelesaikan Soal IPA. Lentera: Multidisciplinary Studies, 1(2), 75–82. https://lentera.publikasiku.id/index.php
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2),187.https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157
Kusmaya, A., Supratman, & Prabawati Nur, M. (2022). Efektivitas Game Education Wordwall dengan Menggunakan Model Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Jurnal Kongruen, 1(4), 287–298. https://publikasi.unsil.ac.id/index.php/kongruen
Martin, M. O., Mullis, I. V. S., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Science - Eighth Grade Science. Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), 216.
Mukaramah, M., Kustina, R., & Rismawati. (2020). Analisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Media Audiovisual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9. https://repository.bbg.ac.id/handle/893
Novitasari, N., Ramli, M., & Maridi, M. (2015). Mengukur problem solving skills peserta didik SMA pada mata pelajaran biologi. Jurnal Biologi Edukasi Edisi 14, 7(1), 1–6.
Nuraeni, E. R., Rustini, T., & Mulyana, A. (2023). Analisis Penggunaan Game Edukasi Wordwall Pada Pelajaran IPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Kelas IV SD. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(4), 201–214
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. In OECD Publishing. https://doi.org/10.4324/9781003090366
Prastiwi, M., & Nurita, T. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Peserta didik Kelas VII SMP. E-Journal Pensa, 06(02), 98–103.https://jurnalmahapeserta didik. unesa.ac.id/index php/2/article/view/23289
Priwitasari, P., Sudiarta, I. G. P., & Sariyasa, S. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem-Based-Learning Berbantuan Computer-Based-Test Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 206. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9217
Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan peserta didik Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2).
Sumiantari, N. L. E., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem based learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Peserta didik Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 12. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17219
Widyawati, & Sjaifuddin. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Model Problem based learning Materi Sistem Pencernaan. JUTENSIA (Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia), 1(1), 39–53.