PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI ZAT ADITIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Noviyanti H. Hasyim
Chairunnisah J. Lamangantjo
Masrid Pikoli


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5628

Abstract


Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas modul pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi zat aditif. Pendekatannya adalah penelitian pengembangan atau (R&D) dengan model pengembangan 4-D, terdiri dari empat tahap pengembangan: pendefinisian, desain, pengembangan, dan penyebaran, serta desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-postest. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suwawa Timur dengan jumlah siswa Kelas VIII sebanyak 21 orang. Hasil penelitian uji coba terbatas yang dilakukan oleh 21 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Timur menunjukkan bahwa: 1) Validitas modul pembelajaran IPA berbasis etnosains mencapai rata-rata 3,74 dengan kriteria valid, 2) Kepraktisan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains dengan keterlaksanaan pembelajaran mencapai 92,5% dengan kriteria sangat baik, dan angket respon siswa mencapai 83,67% dengan kriteria baik, 3) Keefektifan pada aktivitas siswa mencapai 93,2% dan hasil belajar sebesar 0,76 memenuhi standar N-Gain. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis etnosains memenuhi kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif.


Keywords


pengembangan; modul pembelajaran IPA; etnosains

Article Metrics :

References


Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Putra.

Ajeng Fatmi kartini Amahoru, Susanto, & Nuryakin. (2023). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(1), 75–82. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i1.2375

Akmal, A. U. (2021). Analisis Etnosains Dalam Pembelajaran IPA di SekolahDasar (SD) Kota Padang Dan Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 68. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.111385

Budiarso, A. S. (2017). Analisis Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Edukasi, 4(2), 15. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5204

Eko Fery Haryadi Saputro, Erlin Eveline, & Nurul Apsari. (2023). Modul IPA Berbasis Etnosains pada Kurikulum Merdeka untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(3), 797–804. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1177

Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Etnosains sebagai Upaya Belajar secara Kontekstual dan Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4337–4345. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2843

Hanin, Murjainah, & Heryanto, A. (2023). Pengembangan Media E -Modul Flipbook Berbasis Karakter Pada Materi Ekosistem Kelas V. Journal of Educational Review and Research, 6(2), 117–129.

Ichsan, N., Lamondo, D., & Latjompoh, M. (2022). Jurnal Pelita Pendidikan VIRTUAL MODEL ON HUMAN RESPIRATORY SYSTEM MATERIALS TO. 10(2), 59–65.

Lubis, M. F., Sunarto, A., & Walid, A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Etnosains Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 206. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4957

Melawati, D., & Istianah, F. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 10(4), 709–722.

Ichsan, N., Lamondo, D., & Latjompoh, M. (2022). Virtual Model on Human Respiratory System Materials To. Jurnal Pelita Pendidikan 10 (2), 59-65

Nurfajriani, & Renartika, D. T. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Learning Cycle 5E pada Materi Zat Aditif Dalam Makanan. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(3), 220–224.

Pratama, H., Sarwanto, & Cari. (2015). Kelas Ix Berbasis Pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Jurnal Inkuiri, 4(I), 11–20.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Purwandari, E., & Hasanah, R. (2022). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Batik Gajah Oling Banyuwangi Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Untuk Siswa SMP/MTs. Experiment: Journal of Science Education, 2(2), 2747–206.

Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rikizaputra, R., Firda, A., & Elvianasti, M. (2022). Kajian Etnosains Tapai Ketan Hijau Makanan Khas Indragiri Hilir Sebagai Sumber Belajar Biologi. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2),238–247. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.11563

S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sakti, I., Defianti, A., & Nirwana, N. (2020). Implementasi Modul Ipa Berbasis Etnosains Masyarakat Bengkulu Materi Pengukuran Melalui Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 232–238. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.232-238

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020 ) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.

Sari, N. P., Suhirman, S., & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa Kelas VII SMP. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2),63–74. https://doi.org/10.32938/jbe.v5i2.554

Sari, R. T., Angreni, S., & Fortuna, R. A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas V Sd. Bio-Pedagogi, 8(2), 89. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.34725

Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika,Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 27–39.

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, 5(1), 18–27. https://doi.org/10.37567/jie.v5i1.53

Yuliana, I. (2017). Pembelajaran Berbasis Etnosains Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 98–106.