PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI ZAT ADITIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas modul pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi zat aditif. Pendekatannya adalah penelitian pengembangan atau (R&D) dengan model pengembangan 4-D, terdiri dari empat tahap pengembangan: pendefinisian, desain, pengembangan, dan penyebaran, serta desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-postest. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suwawa Timur dengan jumlah siswa Kelas VIII sebanyak 21 orang. Hasil penelitian uji coba terbatas yang dilakukan oleh 21 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Timur menunjukkan bahwa: 1) Validitas modul pembelajaran IPA berbasis etnosains mencapai rata-rata 3,74 dengan kriteria valid, 2) Kepraktisan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains dengan keterlaksanaan pembelajaran mencapai 92,5% dengan kriteria sangat baik, dan angket respon siswa mencapai 83,67% dengan kriteria baik, 3) Keefektifan pada aktivitas siswa mencapai 93,2% dan hasil belajar sebesar 0,76 memenuhi standar N-Gain. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis etnosains memenuhi kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Putra.
Ajeng Fatmi kartini Amahoru, Susanto, & Nuryakin. (2023). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(1), 75–82. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i1.2375
Akmal, A. U. (2021). Analisis Etnosains Dalam Pembelajaran IPA di SekolahDasar (SD) Kota Padang Dan Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 68. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.111385
Budiarso, A. S. (2017). Analisis Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Edukasi, 4(2), 15. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5204
Eko Fery Haryadi Saputro, Erlin Eveline, & Nurul Apsari. (2023). Modul IPA Berbasis Etnosains pada Kurikulum Merdeka untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(3), 797–804. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1177
Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Etnosains sebagai Upaya Belajar secara Kontekstual dan Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4337–4345. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2843
Hanin, Murjainah, & Heryanto, A. (2023). Pengembangan Media E -Modul Flipbook Berbasis Karakter Pada Materi Ekosistem Kelas V. Journal of Educational Review and Research, 6(2), 117–129.
Ichsan, N., Lamondo, D., & Latjompoh, M. (2022). Jurnal Pelita Pendidikan VIRTUAL MODEL ON HUMAN RESPIRATORY SYSTEM MATERIALS TO. 10(2), 59–65.
Lubis, M. F., Sunarto, A., & Walid, A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Etnosains Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 206. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4957
Melawati, D., & Istianah, F. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 10(4), 709–722.
Ichsan, N., Lamondo, D., & Latjompoh, M. (2022). Virtual Model on Human Respiratory System Materials To. Jurnal Pelita Pendidikan 10 (2), 59-65
Nurfajriani, & Renartika, D. T. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Learning Cycle 5E pada Materi Zat Aditif Dalam Makanan. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(3), 220–224.
Pratama, H., Sarwanto, & Cari. (2015). Kelas Ix Berbasis Pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Jurnal Inkuiri, 4(I), 11–20.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Purwandari, E., & Hasanah, R. (2022). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Batik Gajah Oling Banyuwangi Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Untuk Siswa SMP/MTs. Experiment: Journal of Science Education, 2(2), 2747–206.
Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rikizaputra, R., Firda, A., & Elvianasti, M. (2022). Kajian Etnosains Tapai Ketan Hijau Makanan Khas Indragiri Hilir Sebagai Sumber Belajar Biologi. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2),238–247. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.11563
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sakti, I., Defianti, A., & Nirwana, N. (2020). Implementasi Modul Ipa Berbasis Etnosains Masyarakat Bengkulu Materi Pengukuran Melalui Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 232–238. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.232-238
Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020 ) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.
Sari, N. P., Suhirman, S., & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa Kelas VII SMP. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2),63–74. https://doi.org/10.32938/jbe.v5i2.554
Sari, R. T., Angreni, S., & Fortuna, R. A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas V Sd. Bio-Pedagogi, 8(2), 89. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.34725
Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika,Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 27–39.
Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, 5(1), 18–27. https://doi.org/10.37567/jie.v5i1.53
Yuliana, I. (2017). Pembelajaran Berbasis Etnosains Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 98–106.