PENERAPAN PBL TERINTEGRASI CRT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA VII-B SMPN 1 SOOKO

Fajar Bahari
Eriza Deadara
Muchlis Muchlis


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5607

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) di kelas VII-B SMPN 1 Sooko semester genap tahun pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan urutan 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Penelitian ini bertempat di SMPN 1 Sooko dengan subjek penelitian adalah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan motivasi siswa yang tinggi dengan persentase 79,6% berkategori baik. Selain itu ditunjukkan juga dari jumlah siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar, yaitu 17 siswa pada siklus 1 meningkat menjadi 24 siswa pada siklus 2. Kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu bahwa model PBL terintegrasi CRT berhasil diterapkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-B SMPN 1 Sooko.


Keywords


CRT; hasil belajar; motivasi; PBL

Article Metrics :

References


Akhwani, & Dewi, W., R. (2021). Analisis Komponen TPACK Guru SD sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional di Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918-1925. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1119

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, R. M., & Briggs, L. (1979). Principle of Instructional Design. New York: Holt Rinehart and Winston.

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Keller, J. M. (1987). Development and Use of the ARCS Model of Instructional Design. Journal of Instructional Development. 10(3): 2-10.

Kusumawati, I., Soebagyo, J. & Nuriadin, I. (2022). Literature Study of Critical Thinking Ability with the Application of the PBL Model in the Constructivism Theory Approach. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13-18. https://doi.org/10.37081/mathedu.v591.3415

Lutfiani, E. A., Munadi, M., & Haryanto, T. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG). Vol. 1, pp. 778-787.

Mergendoller, J. R., Nan L. M., & Bellisimo, Y. (2006). The Effectiveness of Problem Based Instruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. The Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning, 1(2), 49-69.

Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Rafik, M., Afifah, N., Vini, P. F., & Siti N. M. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 80-85. https://doi.org/10.21009/JPI.051.10

Rahmah, A. T., Aniswita, & Haida, F. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Kelas VIII MTSN 3 Agam Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 4(1), 56-62. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1174

Rosyidah, Nur Diana., Nagara, Diana Taruna., Supriana, Edi. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. FKIP e-Proceeding, (S.1), v. 4, n. 1, p. 46-49. ISSN 2527-5917. Available at https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15126 diakses pada 6 Mei 2024.

Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 110-118. https://doi.org/10.61924/jasmin.v1i2.18

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Septiani, D. A., Andayani, Y., & Astuti, B. R. P. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. DIDAKTIKA: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 29-36. Retrieved from https://didaktika.lombokinstitute.com/index.php/JPTK/article/view/16

Somantri, D. (2021). Abad-21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(2), 188-195. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4154

Supriani, Y., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 1(1), 1-10. Retrieved from https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/90