PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Ferdy Ardyansyah
Yantoro Yantoro
Muhammad Sholeh


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5467

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kecerdasan sosial siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 12/X Pemusiran pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni nonequivalent control group design, dimana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara memberikan tes angket kecerdasan sosial kepada siswa. Kemudian data diolah untuk membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai kemampuan akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai uji t dengan uji independent sample t-test diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni 44,057 > 2,063. Kemudian berdasarkan hasil uji t menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap kecerdasan sosial siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan untuk pembina dan pihak sekolah agar terus aktif melaksanakan pertemuan latihan ekstakurikuler pramuka. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif dalam mengembangkan bakat dan minat siswa serta dalam peningkatan kecerdasan sosial siswa.


Keywords


pengaruh; Pramuka; kecerdasan sosial

Article Metrics :

References


REFERENSI

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, . . . Sari, M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Alirmansyah, & Rizkiah, N. N. (2023, Oktober 10). Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6, 7617-7620.

Fuadah, W., Ruhimat, M., & Komalasari, K. (2018). The Influence of Activeness in Joining Extracurricular Activity on Students' Social Intelligence. International Journal Pedagogy of Social Studies, 41-49.

Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Pengabdian Kepada Masyarakat, 201-210.

Hardani, Auliya, N., Andriani, H., Fardani, R., Ustiawaty, J., Utami, E., . . . Istiqomah, R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Heryana, A. (2020, June). Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Esa Unggul, 1-11.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Lampiran III tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 958. Sekretariat Kemendikbud, Jakarta.

Mahmudah, R. A. (2023). Pembentukan Kecerdasan Sosial Peserta Didik Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Muhadharah di Madrasah Aliyah Nur Al-Zahrah Depok. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurhalizah, Y. (2023). Pengaruh Pengunaan Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Numerik Siswa Kelas II Pada Muatan Matematika SDN 110/I Desa Tenam: Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi.

Nuryadi, Astuti, T., Utami , E., & Budiantara , M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Pertiwi, L. (2023). Pengaruh Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Kecerdasan Sosial Peserta Didik Kelas V SD Negeri. Universitas Lampung.

Priadana , S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna, I. (Maret 2020). Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Program Doktor Ilmu Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 3.

Yntoro, Y., & Sholeh, M. (2021). Analisis Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Unggul di Masa Pandemi. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 175-181.