HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG BUNYI

Nanda Fidia Safitri
Syubhan Annur
Yasmine Khairunnisa


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5437

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan hasil tes pengetahuan awal mahasiswa semester 3 di Program Studi Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat pada beberapa indikator sehingga peneliti melakukan penelitian apakah terdapat hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dan populasinya adalah mahasiswa pada semester ganjil tahun akademik 2023/2024 Program Studi Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat, sampel penelitian berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis motivasi belajar diperoleh nilai rata-rata angket keseluruhan sebesar 77% yang tergolong dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji korelasi motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,044. Dengan demikian diketahui bahwa nilai signifikansi tersebut  < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi gelombang berjalan dan gelombang bunyi.


Keywords


hubungan; hasil belajar; motivasi belajar

Article Metrics :

References


References

Af’idah N.(2016). Peningkatan Aktivitas Dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa Pendidikan IPA Angkatan 2015 pada Perkuliahan Gelombang-Optik Melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 2(4); 117-132.

Anggraini R.M., Jufrida., & Kurniawan W.(2019). Developing A Module on Sound Wave of Solid, Liquid, and Gas Substances through Problem Solving Model with Matlab Simulation on Wave and Optical Courses. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(7);174-182.

Basompe C.K & Soetjiningsih C.H.(2023). Pola Asuh Demokratis dan Motivasi Belajar Siswa SMA diTentena Poso Pada Masa Pandemi Covid 19.Jurnal Cakrawala Ilmiah, 5(2);1735-1742.

Budiariawan I.P.(2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(3);103-111.

Emda, A.(2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida journal, 5 (2), 172-182.

Indriyani D., Meilina F., Dewi T.M(2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Semester III Universitas Karimun Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran SD. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(4);13-19.

Pujiono., Hikmah A.N.(2019). Analisis Karakteristik Siswa Melalui Kuesioner/Angket Cinta Damai di kelas VII SMP 02 Muaro Jambi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(9); 2548-6721.

Purwanto N.(2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Roflin, E., & Zulvia, F. E. (2021). Kupas tuntas analisis korelasi. Penerbit NEM.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulfah K.R., Santoso A., Utaya S.(2016). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 8(1);1607-1611.

Umboh E.R., Kepel B.J., & Hamel R.S.(2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas SAM Ratulangi Manado. e-journal Keperawatan (e-Kp), 1(5).

Wulandari, Y.(2021). Hubungan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Journal of Midwifery Science, 2(5); 106-115.


slot gacor slot