KEEFEKTIFAN MEDIA POP UP BOOK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Minat siswa dalam belajar merupakan hal penting saat proses pembelajaran khususnya pada pelajaran IPA karena adanya minat akan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran sehingga hasil belajar juga akan meningkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain non-equivalent control grup design. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling bertujuan untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,179 dengan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 86,581 dan kelas kontrol sebesar 73,384; 2) terdapat pengaruh penggunaan media Pop up book menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa sebesar 22,7%; 3) terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media Pop up book menggunakan model pembelajaran discovery learning yang terlihat pada kelas eksperimen sebesar 0,6333 termasuk dalam kategori cukup minat dalam belajar IPA. Penggunaan media Pop up book menggunakan model pembelajaran discovery learning mempunyai pengaruh dan membuat hasil belajar siswa meningkat sehingga minat belajar siswa juga meningkat.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482.
Anggraeni, N. K., Rahmawati, E., & Susilo, T. A. B. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4684–4691.
Ayub, S., Rokhmat, J., Ramdani, A., & Hakim, A. (2022). Karakteristik Soal Literasi Sains Programme for International Student Assesment (PISA) Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2623–2629.
Dehong, R., Kaleka, M. B. U., & Rahmawati, A. S. (2020). Analisis Langkah-Langkah Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Fisika. EduFisika, 5(02), 131–139.
Desmitha Fritha Sababalat, Purba, L. S. L., & Elferida Sormin. (2021). EduMatSains. Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(1), 207–218.
Ernawati, N. N., Wijayanti, E., & Sinulingga, P. (2020). Bahana Pendidikan : Jurnal Pendidikan Sains Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Pesawat Sederhana di Kelas VIII SMP. 2(1), 11–19.
Fadil, K., Apriliana, R., & Kasman, R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Minat Belajar. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 5(1), 46–55.
Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 6(1), 5328–5339.
Nyoman, N., Rahayu, D., Margunayasa, G., & Fakhriyah, F. (2020). International Journal of Elementary Education, 4(2), 138–144.
Resnandari, E., Astuti, P., Baysha, M. H., Studi, P., Pendidikan, T., Pendidikan, I., Psikologi, D., & Abstrak, H. A (2022). Validasi Media Pop-Up Book Materi Mengenal Anatomi Tubuh Manusia Pada Pembelajaran IPA Kelas VII SMP. 3(3). 294-301.
Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA SD. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 1-226.
Sukarman, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Tugu Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100.
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16.
Wiradarma, K., Suarni, N., & Renda, N. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 408-415