ANALISIS PREFERENSI SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi media pembelajaran biologi siswa MAN 2 Kerinci semester 2 tahun ajaran 2023/2024 dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa sebagai variabel penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan distribusi angket kepada 150 siswa yang dipilih menggunakan rumus slovin melalui teknik pengambilan sampel simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa, yang secara dominan memiliki gaya belajar audiotori, kinestetik, dan visual, lebih cenderung memilih media pembelajaran berbasis teks. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kecenderungan gaya belajar individu tidak menjadi faktor penentu dalam memilih media pembelajaran mereka. Data deskriptif menunjukkan bahwa setiap siswa, tanpa memandang gaya belajar mereka, cenderung memilih media pembelajaran berbasis teks. Hal ini menekankan pentingnya peran guru dalam menyediakan media berbasis teks untuk memfasilitasi proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Cimer, A. (2012). What makes biology learning difficult and effective: Students’ views. Educational Research and Reviews, 7(3), 61.
Csapo, N., & Hayen, R. (2006). The role of learning styles in the teaching/learning process. Issues in Information Systems, 7(1), 129–133.
Felder, R. M. (1996). Matters of style. ASEE Prism, 6(4), 18–23.
Firdaus, I. C. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 51–58.
Hakim, Z. A., Eva, N., Farida, I. A., & Hamidah, D. (2021). Preferensi Media Kuliah Daring Ditinjau dari Gaya Belajar Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Psikologi Dan Ilmu Humaniora (SENAPIH), 1(1), 109–116.
Husein, H. (2020). Media Pembelajaran Efektif - Google Books. In Fatawa Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Efektif/pBgJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=video+pembelajaran&pg=PA166&printsec=frontcover
Ilmu, F., Dan, T., Negeri, U. I., & Utara, S. (2020). Media pembelajaran. Media Pembelajaran, 8.
Julie Yazici, H. (2005). A study of collaborative learning style and team learning performance. Education+ Training, 47(3), 216–229.
Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-enhanced learning and teaching methodologies through audiovisual media. Education Sciences, 9(3), 196.
Nisak, N. Z. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Biologi untuk Siswa SMA Ditinjau dari Tingkat Kesulitan Materi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Keaktifan Belajar Siswa. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 128. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9629
Ozcan, T., Ozgur, S., Kat, A., & Elgun, S. (2014). Identifiying and comparing the degree of difficulties biology subjects by adjusting it is reasons in elemantary and secondary education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 113–122.
Pendidikan, K. (2010). Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Direktorat Pembinaan SMA.
Rahman, A., & Ahmar, A. (2017). Relationship between learning styles and learning achievement in mathematics based on genders. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(1).
Rahman, A., Ahmar, A., & Rusli, R. (2016). The influence of cooperative learning models on learning outcomes based on students’ learning styles. World Transactions on Engineering and Technology Education, 14(3).
Rahmatia, M., Monawati, M., & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Acehpengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).
Raida, S. A. (2018). Identifikasi materi biologi SMA sulit menurut pandangan siswa dan guru SMA se-Kota Salatiga. Journal of Biology Education, 1(2), 209–222.
Riener, C., & Willingham, D. (2010). The myth of learning styles. Change: The Magazine of Higher Learning, 42(5), 32–35.
Rogowsky, B. A., Calhoun, B. M., & Tallal, P. (2020). Providing instruction based on students’ learning style preferences does not improve learning. Frontiers in Psychology, 11, 164.
Sarasin, L. C., & Celli, L. M. (1999). Learning style perspectives: Impact in the classroom. Atwood Publications.
Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran Pada