PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN NO. 17 DUNGINGI
Abstract
Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas, rumusan masalahnya “Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament berbantuan media question card dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA kelas IV SDN No 17 Dungingi”. Hasil belajar siswa pada materi tumbuhan sumber kehidupan dibumi setelah diterapkannya model Teams Game Tournament berbantuan media Question Card mengalami peningkatan, pada siklus I terdapat 18 (75%) siswa memiliki hasil belajar tuntas dan 6 (25%) siswa memiliki hasil belajar dibawah KKM. Namun pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 21 (87.5%) siswa yang memiliki hasil belajar tuntas dan 3 (12.5%) memiliki nilai dibawah KKM atau tidak tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbantuan media Question Card pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN No 17 Dungingi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
M. Fathurrohman, Belajar Dan Pembelajaran Modern. 2017. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_dan_Pembelajaran_Modern/6KA2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=belajar dan pembelajaran modern&pg=PR1&printsec=frontcover
N. N. L. Handayani, Buku Ajar Ilmu Pendidikan & Inovasi Pembelajaran. 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=MN6kEAAAQBAJ&lpg=PP1&ots=z4Z3DXHSKZ&dq=buku ilmu pendidikan %26 inovasi pembelajaran lisna handayani&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q=buku ilmu pendidikan & inovasi pembelajaran lisna handayani&f=false
S. Arikunto, Suhardjono, and Supardi, Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=-RwmEAAAQBAJ&lpg=PA1&ots=TDNlYSddlY&dq=buku penelitian tindakan kelas edisi revisi&lr&hl=id&pg=PA1#v=onepage&q=buku penelitian tindakan kelas edisi revisi&f=false
A. Rosna, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat,” J. Kreat. Tadulako Online, vol. 04, no. 6, pp. 235–246, 2018.
Hidayatullah, Penelitian Tindakan Kelas. 2019. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas/RyHTDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Hidayatullah%2C M.Pd. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. LKP Setia Budhi&pg=PA1&printsec=frontcover
G. S. Eksak, Memotret Realita. 2019. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Memotret_Realita/C4-REAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=memotret realita&pg=PA292&printsec=frontcover