PENERAPAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI TATA SURYA SMP

Maria Oktaviana Kristanti
Stepanus Sahala
Erwina Oktavianty


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.5364

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif penggunaan media kartu berilustrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa mengenai materi tata surya di kelas VII SMP Negeri 03 Matan Hilir Utara. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah metode eksperimen dengan desain pra-eksperimental yang menggunakan rancangan one group pre-test post-test design. Sampel riset dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel riset adalah kelas VII A berjumlah 30 siswa tahun ajaran 2021/2022. Instrumen riset menggunakan soal tes soal ganda berupa 15 soal pre-test dan 15 soal post-test. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan uji Wilcoxon (SPSS). Hasil belajar siswa yang dianalisis melalui rumus N-gain dengan nilai mean sejumlah 0,4324 dalam klasifikasi sedang. Perhitungan dari effect size didapatkan nilai sejumlah 1,90 klasifikasi tinggi. Peningkatan capaian pembelajaran siswa terlihat dari hasil pre-test dan post-test yang diisi oleh siswa. Berdasarkan presentase capaian pembelajaran siswa menunjukkan peningkatan sejumlah 27,16 %.


Keywords


kartu bergambar; hasil belajar; tata surya

Article Metrics :

References


Astuti, W. 2012. Pengaruh Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jamur di SMA. dalam http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3446, diakses 1 Maret 2017.

Arif S, Sadiman, Dkk. 2014. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas.2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.

Damayanti, R. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meremidiasi Siswa Kelas VII Pada Materi Tata Surya. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Harjito. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khairunnisak. 2015. Penggunaan Media Kartu Sebagai Strategi dalam Pembelajaran Membaca Permulaan: Studi Kasus di Madrasah Ibtidayah Negeri Rukoh Banda Aceh. Jurnal. Volume 9, Nomor 2.

Kristanti, Emilia Yessi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 10 Pontianak. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Prayoga, D. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V dalam http:/download.portalgaruda.org/article diakses tanggal 19 Maret

Rofiati, Naila. 2014. Penerapan Model Pencapaian Konsep Berbantu Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di Sma. Unnes Journal of Biology Education

Sagita, Eli. (2020). Pengaruh Bermain Kereta Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Anak Di Tk Babatan Seluma. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Siregar, Dina D. 2020. Penerapan Model Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Sma Negeri 6 Pontianak. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Sudarsyah, A. 2013. Manajemen Implementasi Kurikulum: Sisi Lain Ujian Nasional. Dipetik 116, 2019, dalam http://m.kompasiana.com/post/read/543693/1/sisi/-lain-dari-un.html

Sukma, I. 2016. Peningkatan Kosa Kata Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar. (skripsi).

Sutrisno,L.2011.EffectSize.dalamhttps://id.scribd.com/document/28025523/Effect-Size diakses 26 Februari 2019.