PENGARUH MODEL IOC TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF IPAS SISWA KELAS V SDN 6 SINGKAWANG

Ade Reza Setiawan - [ https://orcid.org/0009-0009-1923-2825 ]
Dina Anika Marhayani
Slamat Fitriyadi


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5347

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui terdapat perbedaan hasil belajar IPAS ranah kognitif antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 6 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dua sampel untuk mengetahui perbedaan dari kedua kelas dan selanjutnya menggunakan rumus effect size untuk melihat seberapa besarapa besar pengaruh model pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inside outside circle dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung, jika dilihat dari hasil perhitungan terhadap hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan uji T dua sampel menunjukkan bahwa thitung = 3,034 > ttabel = 2,776 dengan taraf signifikan 5%, artinya Ha diterima dan Ho ditolak; (2) model pembelajaran inside outside circle berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar IPAS siswa dengan menggunakan rumus effect size dengan nilai 0,907.


Keywords


model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC); hasil belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Achmad Susanto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Amilatul Masrifa. (2023). Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Andi Kaharuddin. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif. Gowa. Pusaka Almaida.

Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Innovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

BSKAP. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A–Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A. Jakarta. Kemdikbudristek.

Deni Kurniawan. (2019). Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung. Alfabeta.

Donni Juni Priansa. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Siswa. Bandung. CV. Pustaka Setia.

Eti Sulastri. (2019). 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Bogor. Guepedia.

Fuad Ihsan. (2013). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Harun Rasyid dan Mansyur. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Bandung. Wacana Prima.

Km Trisnha Diantari., I Md Citra Wibawa., Pt Aditya Antara, (2018). Pengaruh Model Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajran IPA Indonesia. Volume 8 (2). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13975

Marhayani, D. A., Nurani, S., & Mertika, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Ips. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 7(1), 17-21. https://doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3757

Ni M.S. Utami., Ni N. Kusmariyatni., & N.T. Renda. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar IPA. Singaraja. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2 (3), 302-311. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16146

Nur Utami, Susanti Faipri Selegi, Sylvia Lara Syaflin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Pada Materi Siklus Air Terhadap Hasil Belajar Kelas V di SD. BADA’A. Jurnal Pendidikan Dasar 4, (2), 410-423. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19187

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung. CV. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi. (2013). Aplikasi Satistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta. Change Publication.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya. Kencana Media Grup.