PENERAPAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PROJEK IPAS KELAS X TITL 2 SMKN 1 BAGOR

Sri Wahyunita Sari
Purwo Adi Nugroho - [ https://orcid.org/0000-0002-4511-1148 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i4.5344

Abstract


Model pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievement Division) adalah metode pembelajaran kooperatif yang mendorong kerjasama siswa melalui pembelajaran dalam kelompok dengan anggota yang bervariasi untuk menguasai keterampilan yang sedang dipelajari. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPAS di Kelas X TITL 2 SMKN 1 BAGOR dengan menggunakan model STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas X TITL 2 di SMKN 1 Bagor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dapat menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat tercapai secara maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPAS di kelas X TITL 2 SMKN 1 Bagor. Analisis menunjukkan bahwa prestasi belajar meningkat dari siklus I ke siklus II, dengan persentase hasil belajar siswa dalam kategori rendah sebesar 57% pada siklus I menjadi dalam kategori tinggi sebesar 89% pada siklus II.


Keywords


model STAD; projek IPAS; hasil belajar kognitif

Article Metrics :

References


Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Bili, D.S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Pengukuran Arus Dan Tegangan Listrik Dalam Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xa Titl Smkn I Wewewa Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(2), 101-116. DOI: https://doi.org/10.53625/jirk.v3i2.6075

Herdayati & Syahrial, S. (2019). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. ISSN 2502-3632 ISSN 2356-0304 J. Online Int. Nas. Vol. 7 No. 1, Januari–Juni 2019 Univ. 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689-1699.

Jhon, & dewi. (2021). Pengertian hasi belajar. Retrieved from silabus.web.id: https://www.silabus.web.id/pengertian-hasil-belajar/

Linda, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Kelas X DKV SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(3), 169-174.

Mulyadi, E. (2023). Penerapan PBL dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Proyek IPAS di Sekolah Menengah Kejuruan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 653-660. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.684

Pardomuan, T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas X IPA2-MAN Asahan Tahun Ajaran 2018/2019. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 48-52.

Purwanto. (2018). Teknik penyusunan instrumen uji dan reliabilitas penlitian ekonomi syariah (1nd ed.). Magelang: Staial Press.

Rofi’ah, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams-Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 145-153. DOI: https://doi.org/10.51878/learning.v1i2.396

Rorong, Z. H. G., Manoppo, C. T. M., & Takaredase, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 484-492. DOI: https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.1900

Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru menginovasi bahan ajar sebagai langkah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1). DOI: http://dx.doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868

Susanto, I. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Belajar Fisika Melalui Model Pembelajarankooperatif Tipe Stad Pada Materi Pokok Kesetimbangan Benda Tegar Kelasxi Semester Ganjil Sma Swastagkpi Padang Bulanmedan Tp 2020/2021. Jurnal Penelitian Fisikawan, 4(1), 30-38.

Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 268-275. DOI: https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1546

Wirta, I. M. (2021). Upaya meningkatkan prestasi belajar PPKN melalui model pembelajaran kooperatif tipe students team achievement division (STAD). Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(4), 716-725. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.4562076

Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda, 4(1). DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754