PENGARUH MEDIA PhET MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI DALAM KEHIDUPAN

Muhammad Rajes Tolas
Muhammad Yusuf
Nancy Katili


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.5315

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh media PhET menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan energi dalam kehidupan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2023-2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu true eksperimen. Tempat pelaksanaan penelitian Di SMP Negeri 1 Suwawa, kelas VII dengan subjek penelitian pada kelas VII-A dengan jumlah siswa 30, kelas VIII-C dengan jumlah siswa 30. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, hipotesis dan uji N-Gain. Hasil analsis data hipotesis pada tes posttest yaitu thitung -7.68 sedangkan untuk ttabel diperoleh 2.048 dengan kriteria –t1-1/2𝛼(n1+n2-2)<t<t1-1/2(n1+n2-2) atau -2.048 <-7.68 < 2.048 dan pada tes pretest yaitu thitung -7.50 sedangkan untuk ttabel diperoleh 2.048 dengan kriteria –t1-1/2𝛼(n1+n2-2)<t<t1-1/2(n1+n2-2) atau -2.048 <-7.50 < 2.048, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji N-Gain pada kelas kontrol yaitu 0.51 dan pada kelas eksperimen yaitu 0.78. Dengan demikian media PhET menggunakan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Suwawa Kelas VII.


Keywords


Media PhEt; Discovery Learning; Hasil Belajar

Article Metrics :

References


Abdjul, Tirtawaty dan Nova Elysia Ntobuo. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol. 7 No. 3 e ISSN 2580-5924

Budiningsih, C. Astri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Carin, A. A. (1993). Teaching science through discovery. USA: Macmillan Publishing Company.

Cohen. (2007). Research Methods in Education Edition. USA: Routlage

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Ekawati, Y., Haris, A., Bunga, H., & Amin, D. (2015). Penerapan Media Simulasi Menggunakan PhET (Physics Education And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF) Vol. 3 No. 1 ISSN 2302-8939

Endang Mulyatiningsih. (2017). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.

Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol. 7 No. 2. ISSN 2549-2764

Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4.(1) 33–39. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.51

Permana, N. A., Widiyatmoko, A., & Taufiq, M. (2016). Pengaruh virtual laboratory berbasis flash animation terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis peserta didik tema optik kelas viii SMP. Unnes Science Education Journal, Vol. 5 No. 3. e-ISSN 2502-6232

Purwanto, C. E., & Nughoro, S. E. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Guided Learning Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. UPEJUnnes Physics Education Journal, 1(1). E-ISSN 2503-2313

P. Sinulingga, T. J. Hartanto, and B. Santoso, “Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis”, jpppf, vol. 2, no. 1, Jun. 2016

Pamungkas, H. N. 2016. Proses Belajar Metode Problem Solving Berbantuan Simulasi PhET Studi Kasus Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Prambanan dan SMAN 2 Klaten Materi Hukum Boyle dan Hukum Gay-Lussac. Jurnal Pendidikan Fisika, 10-11

Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung : PT. Ramaja Rosdakarya.

Santoso, H. (2009). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Riil Dan Laboratorium Virtual Pada Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/5203/1/130910508201004201.pdf

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiarti. (2015). Pembelajaran Fisika Berbantuan Simulasi PhET dalam Membangun Konsep Siswa. Wahana Didaktika, Jurnal Ilmu Kependidikan. Vol. 13 No. 1. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v13i1.285

Verdian, dkk (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi Phet Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) Vol. 01; No. 02; 2021; 39-44 p-ISSN: 2798-9488