PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMA MAKANAN KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP

Michelline Unique Shavira
Sjaifuddin Sjaifuddin
Septi Kurniasih


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.5301

Abstract


Kurangnya kesadaran usia muda terhadap kesehatan tubuhnya akibat dari era globalisasi dan kemajuan teknologi, terutama mengenai pentingnya menjaga pola hidup mulai dari makanan yang dikonsumsi serta pola kehidupan sehari-hari, untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, diperlukan suatu solusi peningkatan kualitas gaya hidup manusia terutama pada masa remaja mengenai permasalahan gaya hidup manusia yang mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dengan sarana peningkatan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon serta mengetahui kelayakan dan tingkat efisiensi dari media tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan menggunakan model 4D dari Thiagarajan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara untuk mengetahui permasalahan yang terjadi disekolah, lembar validasi sebagai alat untuk mengukur tingkat validasi dari segi media, materi dan pengguna serta angket respon siswa untuk mengukur tingkat efisiensi dari media pembelajaran. Hasil penelitian memperoleh nilai persentase validasi sebesar 94,4%, ahli media sebesar 95,6%, ahli materi sebesar 96%, dan guru IPA sebesar 91,6%. Hasil tingkat efisiensi uji coba terbatas memperoleh nilai sebesar 84,2%. Dari peniliaian ini dapat dikatakan bahwa media pembelajaran video animasi powtoon untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII pada tema makanan kemasan sangat berpengaruh dalam menunjang proses pembelajaran.


Keywords


media Pembelajaran; Animasi Powtoon; Minat Belajar

Article Metrics :

References


Astuti, Y. & Mustadi, A. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi terhadapKeterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia.

Azhar, Arsyad. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Batubara, H. H. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.

Chandra, Fransisca. 2009. Peran Partisipasi Kegiatan di Alam Masa anak, Pendidikan dan Jenis Kelamin sebagai Moderasi Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan. Program Magister Psikologi Fakultas Psikologi. Unversitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Farida, Fina. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII di SMP/MTs. Universitas Islam Negeri Kh. Achmad Siddiq Jember. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

Kusuma, Dwi. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemasaran Online Di Smk Negeri 3 Surakarta. Jurnal Universitas Sebelas Maret.

Lativa. 2020. Pengaruh Media Video Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Penelitan. Vol 1.

Madina, dkk. 2018. Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Berkomunikasi. Journal of dedication to papua community. J-DEPACE

Nurfadhillah, S., Andriyanto, A., Shadiqa, C. D., Refaldi, R. R., & Hasri, T. 2021. Pengembangan Media Visual sebagai Upaya Menyampaikan Materi Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Muncul 1., 3(1).

Rohima, Najwa. 2023. Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Sari, Diah. 2023. Pengembangan Video Animasi Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Corak Kehidupan Masyarakat Masa Praaksara Siswa Kelas X MAN 1 MUARO JAMBI. Universitas Jambi. Jambi.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and 89 Development (S. Y. Suryandari (ed.)). Alfabeta.

Surjono, H. D. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Trianto 2002. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wulandari, Y., & Purwanto W E. 2017. Kelayakan Aspek Materi Dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Wicaksono, Luhur. 2016. Bahasa dalam komunikasi pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology.