PENGEMBANGAN LMS BERBASIS MOODLE PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

Faizatul Amira
Pramudya Dwi Aristya Putra
Ulin Nuha


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.5122

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah guna mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari LMS berbasis moodle yang dikembangkan. Model pengembangan yang diterapkan ialah model pengembangan Plomp yang tersusun dari tiga tahapan, yaitu preliminary research (investigasi awal), prototyping phase (perancangan prototipe), dan assesment phase (penilaian). Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2022/2023. Hasil dari penelitian antara lain: 1) uji validitas produk mendapatkan hasil sebesar 93% dengan kategori sangat valid dan dapat dipergunakan dalam pembelajaran; 2) uji kepraktisan produk mendapatkan hasil akhir sebesar 95% dengan kategori sangat praktis; 3) uji keefektifan produk dalam meningkatkan motivasi belajar mendapatkan skor N-gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi; 4) uji keefektifan produk dalam meningkatkan hasil belajar mendapatkan skor N-gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang; dan 5) tingkat keefektifan LMS berbasis moodle berdasarkan respon siswa sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa LMS berbasis moodle valid, praktis, dan efektif, serta dapat dipergunakan dalam pembelajaran IPA.


Keywords


LMS; moodle; motivasi belajar; hasil belajar

Article Metrics :

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Artinta, S. V., & Fauziah, H. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 210–218.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, R2). Guepedia.

Gunawan, Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran Menggunakan Learning Management System berbasis Moodle pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, Vol. 2(No. 1), 226–235.

Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. Kodifikasia, 12(2), 167–183.

Herayanti, L., Fuadunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Moodle pada Matakuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan, XXXVI(No. 2), 210–219.

Khoiriyah, Z., Astriani, D., & Qosyim, A. (2021). Efektivitas Pendekatan Etnosains dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Kalor. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, Vol. 9(No. 3), 433–442.

Laili, C. N., Mahardika, I. K., & Ridlo, Z. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Powtoon disertai LKPD terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 26–32.

Muslimah, T., & Fauziah, A. N. M. (2021). Penerapan Media E-learning berbasis Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 234–241.

OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries: Vol. I, II&III. OECD.

Rahmawati, F. N., Munzil, & Setiawan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Android pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 1(3), 226–230.

Ramadhani, R., & Putra, D. B. P. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Interaktif Berbasis Sigil pada Materi Pitagoras sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 4(2), 140–152.

Rijal, A. (2022). Mengembangkan e-Learning Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD Berbasis Aplikasi Moodle Program Studi PGSD. Syiah Kuala University Press.

Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 145–154.

Soimah, I. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran berbasis Komputer terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38–44.

Sulichah, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, Vol. 5(No. 2), 71–77.

Susanti, W. (2021). Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Mandiri pada Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman. Penerbit Samudra Biru.

Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika. UMMPress.

Wijoyo, H. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Insan Cendekia Mandiri.