PENGEMBANGAN MODUL AJAR INTERAKTIF BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN IPA SMP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Alfina Salsabila
Pramudya Dwi Aristya Putra
Zainur Rasyid Ridlo


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.5085

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan terhadap modul ajar interaktif berbantuan augmented reality yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa terhadap materi sistem peredaran darah kelas VIII SMP. Jenis penelitian berupa Research and Development (R&D). Model penelitian berupa model ADDIE melalui 5 tahap, meliputi  Analyze (menganalisis), Design (mendesain), Develop (mengembangkan), Implement (mengimplementasikan), dan Evaluate (mengevaluasi). Subjek penelitian uji coba produk yaitu siswa kelas VIII A SMPN 2 Maesan. Hasil dari penelitian ini menyatakan modul ajar interaktif berbantuan augmented reality untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII termasuk kategori sangat valid dengan presentase 90%, dikategorikan sangat praktis dengan presentase 93%, dikategorikan sangat praktis dengan presentase 90%, serta dikategorikan sedang pada uji keefektifan menggunakan nilai N-gain sebesar 0,68. Berdasarkan hal tersebut, modul ajar interaktif berbantuan augmented reality yang dikembangkan sangat layak serta praktis digunakan pada kegiatan pembelajaran.


Keywords


Augmented reality; berpikir kritis; modul

Article Metrics :

References


Amelia, S., Wedi, A., & Husna, A. (2022). Pengembangan Modul Berbantuan Teknologi Augmented Reality Dengan Puzzle Pada Materi Bangun Ruang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 62–71. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p062

Apriani, R., Harun*, A. I., Erlina, E., Sahputra, R., & Ulfah, M. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Multipel Representasi dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality untuk Membantu Siswa Memahami Konsep Ikatan Kimia. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(4), 305–330. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i4.23260

Ariza Rahmadana Hidayati, Wirawan Fadly, & Rahmi Faradisya Ekapti. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34–48. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.68

Facione, P. a. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Nomor ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1296

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa Pendidikan Matematika , Universitas Sanata Dharma Yogyakarta , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Abad 21 memberikan banyak peluang bagi dunia pendidikan untuk be. Aksioma, 9(3), 480–492.

Putra, P. D. A., Sulaeman, N. F., Supeno, & Wahyuni, S. (2023). Exploring Students’ Critical Thinking Skills Using the Engineering Design Process in a Physics Classroom. Asia-Pacific Education Researcher, 32(1), 141–149. https://doi.org/10.1007/s40299-021-00640-3

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/152

Siahaan, A. D., Medriati, R., & Risdianto, E. (2019). Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Materi. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 91–98.

Syarah Syahiddah, D., Dwi Aristya Putra, P., & Supriadi, B. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.438

Tita Kartika, A., Eftiwin, L., Fitri Lubis, M., & Walid, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.46