IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA

Mahla Noer Rozqiyah Syam
Singgih Bektiarso
Trapsilo Prihandono


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.5084

Abstract


Materi esensial atau materi yang mendasar dalam Kurikulum Merdeka salah satunya terdapat pada pembelajaran IPA yang dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna. Pembelajaran IPA dalam Kurikulum Merdeka bertujuan untuk mengembangkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik dalam menganalisis fenomena-fenomena alam dan teknologi yang terdapat dilingkungan sekitar secara sistematis, kritis, dan kreatif. Pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal adalah upaya untuk mempermudah memahami dan menganalisis konsep IPA yang terdapat dalam nilai kearifan lokal yang ada dilingkungan sekitar peserta didik. Penumbuhan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila dengan mengacu pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk menelaah pengaruh pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal dalam menumbuhkan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila. Kurikulum Merdeka memiliki karakteristik utama yaitu mengembangkan kecakapan atau keterampilan dan karakter yang selaras dengan Profil Pelajar Pancasila. Metode penelitian yang digunakan yaitu literature review menggunakan kajian enam artikel terakditasi SINTA terbitan 5 tahun terakhir yang relevan dengan topik kajian dari hasil penelusuran pada Google Scholar. Hasil penelitian analisis enam artikel menyatakan bahwa pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal dapat digunakan untuk sumber belajar dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasikan pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila.


Keywords


Pembelajaran IPA; kearifan lokal; nilai karakter; profil pelajar Pancasila

Article Metrics :

References


Agustini, F. 2020. Integrasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Tarik Tambang Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(2): 114-120.

Hadi, W. P., F. P. S ari, A. Sugiarto, W. Mawadah, dan S. Arifin. 2019. Terasi Madura: Kajian Etnosains Dalam Pembelajaran IPA Untuk Menumbuhka Nilai Kearifan Lokal Dan Karakter Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 10(1): 45-55.

Ihsan, M. S. dan M. Z. Pahmi. 2022. Pengembangan Modul IPA Interaktif Berbasis Etnosains Untuk Mneingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains. 3(3): 83-88.

Ilhami, A., Diniya, Susilawati, C. F. Ramadhan, dan R. Sugianto. 2021. Analisis Kearifan Lokal Manongkah Kerang Di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau Sebagai Sumber Belajar IPA Berbasis Etnosains. Sosial Budaya. 18(1): 20-27.

Jufrida, F. R. Basuki, dan A. Destiananda. 2020. Analisis dan Integrasi Kearifan Lokal Lubuk Larangan Tantang Sakti Dalam Pembelajaran Sains. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika. 5(1): 32-38.

Kholidah, L., N. S. Hidayat, U. Jamaludin, S. M. Leksono. 2023. Kajian Etnosains Dalam Pembelajaran IPA Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal Dan Karakter Siswa SD Melalui Sate Bandeng (Chanos-Chanos). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 08(02): 4165-4177.

Maharani, S. T., dan T. Muhtar. 2022. Implementasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu. 6(4): 5961-5968.

Mariana, I. M. A. dan W. Praginda. 2009. Hakikat IPA Dan Pendidikan IPA. Jakarta: Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Missiliana, Riasnugrahani dan P. Analya. 2023. Buku Ajar:Metode Penelitian Kualitatif. Gorontalo: Ideas Publishing.

Nurrubi, H. M., V. A. Nurfadilah, dan A. Latip. 2022. Kearifan Lokal “Nyaneut”: Perspektif Etnosains dan Kaitannya dengan Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 16(02): 623-635.

Putri, A., N. Qomaria, A. Y. R. Wulandari. 2022. Kajian Etnosains Pada Ramuan tradisional Keraton Sumenep dan Kaitannya Dengan Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan MIPA. 12(4): 1148-1155.

Safitri, L., M. Susanti, C. Anggun, S. Wahyuni, F. Yusmar, dan U. Nuha. 2023. Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran IPA Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila: Studi Literatur. Jurnal Muara Pendidikan. 8(1): 223-229.

Santika, I. W. E. 2022. Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Bali Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Konseling. 4(4): 6182-6195.

Saputra, A., S. Wahyuni, dan R, D, Handayani. 2016. Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearfina Lokal Daerah Pesisir puger Pada Pokok Bahasan Sistem Transportasi Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(2): 182-189.

Satria, R., P. Adiprima, K. S. Wulan, dan T. Y. Harjatayana. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguawatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Suarningsih, N. M. 2018. Peranan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran di Sekolah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1): 23-30.

Suriyati, C., dan M. D. A. Lubis. 2023. Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 6(10): 7710-7716.

Suttrisno dan F. Z. Rofi’ah. 2023. Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan. 12(1): 54-76.

Wanggi, S. L., D. Santoso, dan T. A. Lestari. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi Etnosains Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMPN 2 Pujut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 8(4): 1920-1926.

Wiguna, I. K. W. dan M. A. N. Tristaningrat. 2023. Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. 3(1): 17-26.