PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar memegang peran krusial dalam menjaga kearifan lokal. Etnosains, sebagai pendekatan yang menggabungkan ilmu pengetahuan dengan budaya, menjadi solusi menarik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pembelajaran IPA berbasis etnosains diterapkan pada materi "Struktur Tumbuhan dan Fungsinya". Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2023, menggunakan metode kualitatif dengan teknik purposive sampling pada siswa kelas 4 SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi data sumber, waktu, dan teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan etnosains memberikan dampak positif pada pemahaman siswa. Integrasi pengetahuan ilmiah dan lokal memungkinkan siswa mengaitkan konsep ilmiah dengan konteks budaya dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini diharapkan menghasilkan strategi pembelajaran IPA yang relevan dan efektif, dengan mempertahankan nilai-nilai lokal, dan berkontribusi pada landasan ilmu pengetahuan alam.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Akbar, M., Nizaar, M., Fujiaturrahman, S., Haifaturrahmah, H., & Sari, N. (2022, July). Keefektifan Media Audio Visual Berbasis Etnosains Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 2, pp. 17-23). https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/9702
Al Bahij, A., Santi, A. U. P., & Prastiwi, D. A. (2018). Pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai media ajar di Sekolah Dasar Negeri 2 Sirah Pulo Padang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2762
Hadi, W. P., Hidayati, Y., & Rosidi, I. (2020). Respon Guru IPA Terhadap Pembelajaran IPA Berintegrasi Etnosains: Studi Pendahuluan Di Kabupaten Bangkalan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 46-53. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.92
Indrawati, M. (2017). Keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnosains pada Materi Bioteknologi untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX. PENSA: e-Jurnal Pendidikan Sains, 5(02). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18911
Istighfarin, L. (2015). Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 4(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/13430
Johnson, Elaine B. 2014. CTL (Contextual Teaching & Learning). Bandung: Kaifa.
Kelana, B. J., Wardani, S. D., & Wulandari, A. M. (2021). Etnosains sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal ilmiah ilmu kependidikan, 5(1), 99-109. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16822
Nelmi, F., & Amini, R. (2023). Bahan Ajar Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1140-1253. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6151
Nugraha, dkk. (2020). Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jl. Tamansari Km. 2,5 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat: Edu Publisher.
Nuralita, A. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains dalam Pembelajaran Tematik SD. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 1-8. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/22972
Satria, T. G., & Egok, A. S. (2019, December). Etnosains Multimedia Learning pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 01). https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/semdiksa/article/view/58
Susanti, R. (2013). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains melalui Pendekatan Inkuiri. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 8(1), 31-37. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.0801.5
Sutama, Hidayati, Y. M., & Novitasari, M. (2022). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). Muhammadiyah University Press.
Wahyu, Y. (2017). Pembelajaran berbasis etnosains di sekolah dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 1(2), 140-147. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/264
Widyaningrum, R. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA dan Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 13(2). DOI: https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2257