KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENGGUNAKAN MIKROSKOP SMARTPHONE BERBASIS STEM SEBAGAI ALAT PRAKTIKUM

Samsuar Samsuar
Silvi Puspa Widya Lubis
Ammar Zaki
Suci Ramadhana
Ameliana Ameliana


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.5044

Abstract


Keterampilan berpikir kreatif merupakan aspek urgent harus ditingkatkan karena sangat dibutuhkan menghadapi era abad 21 dan salah satu kemampuan dikehendaki dunia kerja. Tujuan penelitian ini mengetahui tingkat keterampilan berpikir kreatif siswa dengan penerapan mikroskop smartphone berbasis pendekatan STEM sebagai alat praktikum di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Aceh. Jenis penelitian yaitu penelitian terapan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIA1 dan XI MIA2 diambil dengan teknik purposive sampling berjumlah 60 siswa. Data dikumpulkan dengan teknik observasi menggunakan lembar pedoman observasi dengan indikator: fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Analisis data dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu keterampilan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya dengan Penerapan mikroskop smartphone berbasis pendekatan STEM sebagai alat praktikum berada pada 3 tingkat kreativitas, yaitu tingkat 4 (sangat kreatif) 12 siswa (20%), tingkat 3 (kreatif) 32 siswa (53,3%), dan tingkat 2 (cukup kreatif) 16 siswa (26,7%). Kesimpulan penelitian bahwa secara keseluruhan penerapan mikroskop smartphone berbasis pendekatan STEM sebagai alat praktikum dapat membuat siswa kreatif.


Keywords


keterampilan berpikir kreatif; mikroskop smartphone; pendekatan STEM

Article Metrics :

References


Agustina. 2018. Keterampilan Proses Siswa Dalam Menggunakan Mikroskop Smartphone Pada Praktikum Materi Sel di MAN 6 Pidie. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Amin, M., & Ibrahim, M. 2022. Meta Analisis: Keefektifan Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), pp. 248–262.

Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., & Sari, D. P. 2016. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), pp. 868–872.

Arikunto, S. 2021. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Armandita, P. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika Di Kelas Xi Mia 3 Sma Negeri 11 Kota Jambi Analysis the Creative Thinking Skill of Physics Learning in Class Xi Mia 3 Sman 11 Jambi City. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), pp. 129.

Artika, W., Samsuar, Sarong, M. A., Mailizar, M., & Sari, I. M. 2021. Measurement of Student Learning Outcomes through the Aplication of Smartphone Microscope. 21 2nd SEA-STEM International Conference (SEA-STEM), pp. 164–167.

Cinar, S., Pirasa, N., Neslihan, Uz., & Erenler S. 2016. The effect of STEM education on preservice science teachers’ perception of interdisciplinary education. J Turkish Sci Educ, 3(1), pp. 18-42.

Florida, R., Mellander, C., & King M. K. The Global Creativity Index 2015. 1st ed. Toronto: Martin Prosperity Institute; 2015.

Fraenkel, J., Wallen, N. E. & Hyun, H. 2011. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, 8th ed. New Y: Mc Graw Hill.

Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. 2019. Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), pp. 58–64.

Herak, R.. I& Lamanepa, G. H. 2019. Meningkatkan Kreatifitas Siswa melalui STEM dalam Pembelajaran IPA Increasing Student Creativity through STEM in Science Learning. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 4(1), pp. 89-98.

Hidayah, N., Ramli, M., & Fauzan, L. 2019. Kemanjuran Strategi Mind-Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pengambilan Keputusan Karier Siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), pp. 273–282.

Kholilfah, I. N., Maryanto, & Widodo, E. 2018. Pengaruh Pembelajaran Ipa Berbasis STEM Terhadap Sikap Ingin, Jounal Pendidik. IPA, 7(3), pp. 129–135.

Kurniawan, T., & Maryani, E. 2015. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), pp. 209-216.

Mcdonald, C. V. 2016. STEM Education: A review of the contribution of the disciplines of science, technology, engineering and mathematics. Science Education International, 27(4), pp. 530–569.

Mulyatiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. 3rd ed. Bandung: Alfabeta.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. 2015. Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), pp. 23–33.

Nur, D. R. I. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(1), pp. 26–41.

Nurdiana, H., Sajidan., & Maridi. 2019. Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa MTs Negeri Kota Surakarta pada pembelajaran IPA. Menyiapkan Guru IPA Masa Depan Menghadapi Transformasi Dunia DigitaL, pp. 224–228.

Pizzingrilli, P., Valenti, C., Cerioli, L., & Antonietti, A. 2015. Creative Thinking Skills from 6 to 17 Years as Assessed Through the WCR Test Creative Thinking Skills From 6 To 17 Years As Assessed Through The WCR Test. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191(June), pp. 584–590.

Putra, H. D., Akhdiyat, A. M. ., Setiany, E. P., & Andiarani, M. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 9(1), pp. 47–53.

Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Pratiwi, A., & Syafira, H. 2020. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 3(1), pp. 9–16.

Rapika, D., Salsabila, H., Lintang, M., Lestari, S., & Adi Prayitno, B. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di Salah Satu SMP Negeri Surakarta. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(1), pp. 13-19.

Riduwan, 2008. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Roberts, A. 2012. A Justification for STEM Education,” Technol. Eng. Teach., 71(1), pp. 1–4.

Samsuar, Artika, W., Sarong, M. A., Rahmatan, H., & Pada, A. (2021). Smartphone microscope based on the STEM approach as a practicum tool to improve students ’ scientific attitudes on Animalia. Journal of Physics: Conference Series, 1882(012158), pp. 1–8.

Samsuar, Artika, W., Hamama, S. F., SLubis,. P. W. & Maulida, 2023. Hubungan Keterampilan Psikomotorik Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Dengan Penerapan Mikroskop Smartphone Berbasis Pendekatan STEM Sebagai Alat Praktikum Pada Materi Animalia,” J. Dedik. Pendidik, 7(1), pp. 147–156.

Sirajudin, N., Suratno, J., & Pamuti. (2021). Developing creativity through STEM education. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), pp. 012211.

Siswon, T. Y. E. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif (1st ed.). Surabaya: Unesa Pres.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 1st ed. Bandung: Alfabeta.

Treffinger, D. J., Young, G. C.., E. C Selby., & Shepardson, C. 2002. Assessing Creativity: A Guide for Educators (1st ed.). National Research Center on the Gifted and Talented.

Yudha, F., Dafik, D., & Yuliati, N. 2018. The Analysis of Creative and Innovative Thinking Skills of the 21st Century Students in Solving the Problems of “Locating Dominating Set” in Research Based Learning. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(3), pp. 163–176.