ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII MTS AL-HUDA GORONTALO

Nur Afni Hunggaita - [ https://orcid.org/0009-0008-6160-1324 ]
Masrid Pikoli
Nancy Katili
Masri Kudrat Umar


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.5034

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains pada materi cahaya dan alat optik siswa kelas VIII MTs Al-Huda Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan 191 responden terbagi dalam 3 kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda berjumlah 20 soal. Hasil penelitian  menunjukan bahwa kemampuan literasi sains siswa kelas VIII untuk semua aspek tergolong rendah yaitu 45,80%. Persentase kemampuan siswa pada aspek kompetensi 43,19%, aspek  pengetahuan 44,71%, aspek konteks 47,02%  dan aspek sikap 48,29%. Rendahnya literasi sains disebabkan proses pembelajaran belum berbasis literasi sains dan kurangnya pelatihan dan pengembangan keterampilan guru dalam mengajar literasi sains. Maka guru harus menciptakan proses pembelajaran yang menekankan pada literasi sains sehingga siswa dapat menerapkan informasi sains dalam kehidupan sehari-hari dan menyediakan pelatihan rutin bagi guru dalam mengajar literasi sains.


Keywords


literasi sains; cahaya dan alat optik

Article Metrics :

References


Aina, Q., & Hariyono, E. 2023. Penerapan PhET Simulations Pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 56-65.

Anas, N., Ningsih, O. W., Ramadhani, N., Sembiring, K. A. B., & Sari, P. M. 2023. Analisis Ketercapaian Literasi Sains Peserta Didik di MI/SD. Alacrity: Journal of Education, 3 (1), 63-68.

Azizah, S. N., Juhanda, A., & Windyariani, S. (2023). Kemampuan Literasi Sains Berbasis Gender Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan E-Modul pada Konsep Ekosistem. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 573-578.

Bariah, S. K.& Imania, K.A. 2019. Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(1), 31-47.

Erlyana, R. 2023. Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(2), 193- 200.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Harianto, R. (2023). Media Pembelajaran Digital Phisycs Module (Dpm) Di Sma: Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 86-92.

Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. 2020. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5-9.

Intan, N., Pikoli, M., & Uloli, R. 2023. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Tentang Sistem Gerak Manusia Di Kelas VIII SMP Kota Gorontalo. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 262-271.

Irwan, A. P. 2020. Analisis Kemampuan Literasi Sains Pesrta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Di SMAN 2 Bulukumba.Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika 15.3 : 319149.

Kiayi, A., Panigoro, M., Payu, B. R., Moonti, U., & Maruwae, A. 2022. Penerapan Program Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4782-4791.

Kristyowati, R, & Agung, P. 2019.Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 183-191.

Mabsutsah, N., Sudarti, S., & Subchan, W. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Ibrahimy 3 pada Isu Pencemaran Lingkungan di Pelelangan Ikan Mimbo. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 29-36.

Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. 2019. Kontribusi Habits of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153–164.

Mellyzar,M., Zahra, S, R & Alvinas, S. 2022. Literasi Sains dalam Pembelajaran Sains Siswa SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5 (2), 119-124.

Niate, M., & Djulia, E. 2022. Profil Kemampuan Literasi Sains Kelas X pada Aspek Kompetensi Materi Vertebrata. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 14(2), 33-41.

Novita, M., Rusilowati, A., Susilo, & Marwoto, P. 2021. Meta-Analisis Literasi Sains Siswa di Indonesia. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(3), 209-215.

Pakpahan, N. A & Hasarudin, H. 2021. Kemampuan Literasi Materi Sistem Gerak Siswa SMA Pada Masa Pandemi Covid-19.Journal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(1),162-172.

Pikoli, M., Istiqomah, W., & Alio, L. 2023. Analysis of 11th grade Senior High School Students Scientific Literacy on Salt Hydrolysis Lesson. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 11(1), 74-81.

Putri, M. D. 2021. Identifikasi Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri Pematang Tiga Bengkulu Tengah. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 4(01), 9-17.

Rahmadani, F., Setiadi, D., Yamin, M., & Kusmiyati, K. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Sains Biologi Peserta Didik SMA Kelas X Di SMAN 1 Kuripan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(4b), 2726-2731.

Ramli, M., & Susanti, B. H. (2022). Indonesian students' scientific literacy in islamic junior high school. International Journal of STEM Education for Sustainability, 2(1), 53-65.

Rum, M., Martawijaya, M. A., Khaeruddin, K., & Hasyim, M. 2023. Survei Literasi Sains Peserta Didik Pada Dimensi Sikap Terhadap Sains. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(2), 235-245.

Saenab, S. & Sufinasa. A. 2023. Studi Deskripsi Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik kelas VIII SMPN se-Kota Makassar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 6(1), 39-46.

Saputra, I. N. A., Gading, I. K., & Aisyah, S. (2023). Kontribusi Pola Pikir (Mind Set) dan Sikap Ilmiah terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1).

Septiani, D., Widyawati, K. dan Indri N. 2019. Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Pisa Pada Aspek Menjelaskan Fenomena Ilmiah Untuk Siswa Kelas VII. Science Education and Application Journal 1(2), 46-55.

Sutrisna, N. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.

Suwandi, R. A., & Supriyanti, A. A. 2021.Analisis tingkat literasi sains siswa pada aspek konteks, konten, dan kompetensi dengan rasch. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 10(1), 28-39.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. 2023. Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil PISA dan Faktor Penyebab. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA. 13 (1), 11-19

Zahra, A., Zulkardi & Medio, L. N. 2023. Improving Students’ Reading Literacy During the Covid-19 Pandemic Using the PBL Model and According to the Pisa Context. ASSEHR, 731, 201-211.

Zulanwari, Z. A. Z., Ramdani, A., & Bahri, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Terhadap Soal–Soal PISA Pada Materi Virus dan Bakteri. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 210-216.