PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ULAR TANGGA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN DI KELAS VII SMPN 1 KABILA BONE

Asnianti A. Awila - [ https://orcid.org/0009-0002-4870-0391 ]
Tirtawaty Abdjul
Abdul Haris Odja
Masrid Pikoli
Supartin Supartin
Citron Supu Payu


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.5022

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran ular tangga menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD pada materi energi dalam sistem kehidupan di SMPN 1 Kabila Bone, dengan subjek penelitian kelas VII A dengan jumlah siswa 20 orang, hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan Validitas ,kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran ular tangga memenuhi kriteria, Berdasarkan pada validitas hasil penilaian dua ahli/validator, diperoleh nilai validitas untuk media pembelajaran aplikasi ular tangga sebesar 3,87 dan validitas THB sebesar 3,75 yang termasuk kategori sangat valid (tanpa revisi) dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. hasil dari kepraktisan media pembelajaran aplikasi ular tangga yang dikembangkan, didasarkan pada nilai keterlaksanaan media pembelajaran sebesar 100% dan angket respon peserta didik sebesar 72,87% yang termasuk dalam kategori sangat baik dan cukup baik sehingga praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan media pembelajaran aplikasi ular tangga yang dikembangkan, didasarkan pada nilai aktifitas peserta didik sebesar 89,41% dan tes hasil belajar dalam bentuk nilai N-Gain sebesar 0,68 yang termasuk dalam kategori sangat baik dan sedang sehingga efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan dengan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi ular tangga menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD materi energi dalam system kehidupan yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Keywords


model pembelajaran kooperatif STAD; validitas; kepraktisan; keefektifan; tes hasil belajar

Article Metrics :

References


Abdurrahman, R., Mulyani, S., & Utami, B.

(2015). Pengaruh Model

Pembelajaran Problem Solving dan

Student Teams Achievement Divisions

(STAD) Berkombinasi Drill And Practice

dengan Memperhatikan

Kemampuan Matematika terhadap Prestasi

Belajar Siswa (Pokok Bahasan Konsep

Mol Kelas X MIPA SMA Negeri 3

Surakarta Semester Genap Tahun

Pelajaran 2014/2015). Jurnal Pendidikan

Kimia, 4(4).

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana

Prenada Media Group.

Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan

Dalam Pembelajaran Bahasa Arabi.

OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2).

Akbar, R., & Hawadi. (2004). Akselerasi : AZ program percepatan belajar dan anak

berbakat intelektual. Grasindo.

Amri, S., & Rohman, M. (2013). Strategi dan

Disain Pengembangan Sistem

Pembelajaran. Prestasi Pustaka Karya.

Agustiani, D., Toheri, & Darwan. (2019).

Pengaruh Penggunan Media Pembelajaran

Berbasis Komputer Terhadap Motivasi

Belajar Dan Keterampilan Komputer Siswa

dalam Belajar Matematika. Inspiramatika,

(1), 9–21.

https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v5i

1583

Aisyah, A. Y. A., Utami, S. D., & Harisanti,

B. M. (2023). Penerapan Peer Tutoring

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Kognitif Siswa Materi Pencemaran

Lingkungan Kelas X MS 1B di SMA

Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2021 /

JURNAL PEDAGO BIOLOGI, 11(1),

–24.

Amir, A., & Parumbuan, M. D. (2018). The

Development of Teaching Media Video

Instructional Book at The Student Courses

Technology Education, Faculty of

Education, University State Makassar.

Indonesian Journal of Educational Studies,

(2), 154–162.

Baharuddin, Halimah, A., Nursalam, &

Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan

Media Pembelajaran Interaktif Berbasis

Multimedia. Al Asma : Journal of Islamic

Education, 2(1), 97–110.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983).

Educational Research: An Introduction

(Fifth Edition). Longman.

Budiarto, I. (2017). Analisis Speaking Siswa

Kampus Bahasa Bloom Bank Melalui

Treatment 2 Dimensi . Jurnal Susunan

Artikel Pendidikan, 1(3).

Danggu, J. R., Yusuf, M., & Paramata, D.

D. (2023). Kepraktisan Media

Pembelajaran Permainan Ular Tangga

Menggunkaan Model Kooperatif Tipe

STAD pada Materi Suhu dan Kalor Di

SMP. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02),

–165.

Eliyah. (2019). Validitas Tes Sebagai Media

Ukur Ketepatan Evaluasi Mengukur

Pencapaian Tujuan Pembelajaran Di

Sd/MI. Jurnal Edukatif, V(1), 43–49.

Endaswara, S. (2019). Metodologi

Penelitian Zologi Sastra. Graha Ilmu.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar

Mengajar. Pustaka Setia.

Harjanto, A., Rustandi, A., & Caroline, J.

A. (2022). Implementasi Model

Pengembangan 4D Dalam

Mengembangkan Media Pembelajaran

Berbasi Online Pada Mata Pelajaran

Pemrograman Web di SMK Negeri 7

Samarinda. SIMADA (Sistem Informasi

Dan Manajemen Basis Data), 5(2), 1–12.

https://smkn7-smr.sch.id/media/.

Hasby, & Nurhafidhah. (2018). Pengaruh

Penggunaan Media Ular Tangga Pada

Materi Hidrokarbon Terhadap Hasil

Belajar Siswa Kelas XI SMAN 4 Langsa.

KATALIS Jurnal Pendidikan Kimia Dan

Ilmu Kimia, 1(2), 14–20.

Hastiwi, F., Ratnaningsih, A., & Suyoto.

(2021). Pengembangan Media Ular

Tangga Berbasis Teori Belajar

Behavioristik Pada Tema 8 Lingkungan

Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 1

Pucangagung. Syntax Idea, 8(3), 14–15.

https://doi.org/https://doi.org/10.46799/syn

tax-idea.v3i8.1418

Heinich, robert, Syaukani, I., & Perin, P. G.

(1993). Instructional Media and the New

Technologies of Instruction. Macmillan

Publishing Company.

Ibrahim, E. (2021). Development of snake

ladder instructional media using STAD

cooperative model for class VIII MTS

students. Journal of Science Education

Research, 5(1), 14–20.

https://doi.org/10.21831/jser.v5i1.38265

Insani, N., Syahril, & Nor, M. (2022).

Pengembangan Instrumen Tes Sumatif Berbantuan

Software Wondershare Quiz Creator Pada

Pembelajaran Fisika Kelas X SMA. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 6(3), 13961–13970.

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4824

Karimah, R. F., Supurwoko, &

Wahyuningsih, D. (2014). Pengembangan

Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika

Untuk Siswa SMP/Mts Kelas VIII. Jurnal

Pendidikan Fisika, 2(1).

Karnaen. (1980). Asas - Asas Media

Pembelajaran. IKIP Bandung.

Kemendikbud. (2013). Permedikbud

Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar

Proses. Kemendikbud.

Latjompoh, M., Odja, A. H., & Toonawu

Novita. (2021). Kemampuan Berpikir

Kreatif Siswa Menggunakan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams

Games Tournament (Tgt) Berbantuan

Media Ular Tangga Pada Materi Energi

Dalam Sistem Kehidupan. Jurnal

Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(3).

Latifah, N., Saifuddin, A., & Widiarini, W.

(2023). Developing The Snake And

Ladder Game As Media For Teaching

Vocabulary At Ma Al Khoiriyah. Jurnal

Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1717–

https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5506

Mardiah, K. R., Tahir, M., & Husniati, H.

(2021). Pengembangan Media Permainan

Ular Tangga pada Pembelajaran Tematik

Subtema Indahnya Keragaman Budaya

Negeriku di Kelas IV SDN 38 Ampenan.

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3),

–427.

https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.269

Miarso. (1989). Definisi Teknologi

Pendidikan. Prenada Media Group.

Musfiqon. (2012). Pengembangan

Media dan Sumber Pembelajaran.

Prestasi Pustakarya.