PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII SMPN 1 KABILA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2023-2024. Metode penelitian yang dilakukan yaitu eksperimen mengunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Tempat pelaksanaan penelitian Di SMP N 1 Kabila Bone kelas VIII dengan subjek penelitian pada kelas VIII-A dengan jumlah siswa 23, kelas VIII-B dengan jumlah siswa 22, kelas VIII-C dengan jumlah siswa 22. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan berdasarkan penelitian hasil tes. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, hipotesis dan Hasil uji N-gain menunjukkan hasil dari pengujian hipotesis, di mana untuk kelas eksperimen, nilai t-hitung sebesar 18,195 lebih tinggi daripada t-tabel yang sebesar 2,080. Begitu juga pada kelas replikasi 1, t-hitung sebesar 16,137 lebih besar daripada t-tabel yang sebesar 2,086, dan pada kelas replikasi 2, t-hitung sebesar 11,681 juga lebih besar daripada t-tabel yang sebesar 2,086. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hal ini menunjukkan pengaruh positif dari model pembelajaran inkuiri terbimbing yang didukung oleh video animasi terhadap hasil belajar siswa. Melihat rata-rata nilai pretest dan posttest siswa dari kelas eksperimen, replikasi 1, dan replikasi 2, dapat disarankan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing yang memanfaatkan video animasi pada pemahaman materi pesawat sederhana, dengan n-gain mencapai kriteria sedang dan tinggi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abdjul, T. and Ntobuo, E. (2019). Penerapan Media Pembelajaran viritual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang. Jurnal pendidikan fisika tadulako online (JPFT), 7(3), PP. 26-31
Arianti sri & Misrianti titik (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi Vol.11 No. 1 hal 116-121.,l
Elmira Siska, N. M. R. N. (2021). Sosialisasi Pelaksanaan Protokol Kesehatan pada Masa New Normal dan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Digital Marketing di Panti Sosial Asuhan Anak Muslimin Manggarai Selatan Tebet.Jurnal Abdimas Perbanas (JAP), 1–16.
Faturrahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inofatif. Jakarta: Ar-Ruzz media
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Inspiratif Pendidikan. 2(1). 104-113.
Hasibuan, I. (2015) Hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar di kelas VII smp negri 1 banda aceh tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal peluang, 4(1), 5-11
Hendriani. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem peredaran darah kelas VIII semester I Mtsmiftahul jannah. palangkaraya tahun ajaran 2015/2016. 1-76
Khairanti, majidah. (2016) pengembangan media pembelajarandalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk smp kelas IX. Jurnal iptek terapan, 10(2), 95-102.
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://jurnalfkip. unram.ac.id/Index.php/JPPM/ article/ view/ 2817
Mardhatillah, & Triadania, E. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia flash untuk menigkatkan kemampuan. Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolahdasar,5(1),91-102.https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/articele/view/19
Nafiati Dewi A. 2021. Revisi taksonomi Bloom : kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jurnal Humanika. Vol 21. No 2.
Nugroho, S. 2012. Pembelajaran IPA Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Riil Dan Virtuil Ditinjau dari Kemampuan Memori Dan Gaya Belajar Siswa. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Fisika. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Puspita, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.20334
Rismawati, R., Sinon, I. L. S., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMK Negeri 02 Manokwari. Lectura: Jurnal Pendidikan. 8(1). 12-25.
Sanjaya, W. (2010) Strategi Pembelajaran Beorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sembiring, R. B., &. M (2013).strategi pembelajaran dan minat belajara terhadap hasil belajara matematika. Jurnal teknologi pendidikan (JTP), 6(2), 34-44 http://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
Sirakanti, F.M. N. U. dan Jatmiko,B. (2016) Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas X di SMAN 1 Gendang jurnal inovasi pendidikan fisika 5(2):40-45.
Slavin, Robert E. (2009). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Mancanan Jaya Cemerlang.
Sugiyono, (2015). Metodologi penelitian tindakan komprehensif : Bandung Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada:144
Triyanto. (2007). Model Model Pembelajaran Inovatif Berioroentasi Konstruktiviktis Konsep, Landasan Teoritis-Praktis Dan Implementasinya. Jakarta: prestasi pustaka.
ulyani, P. S., & Fuadi, S. I. (2020). Implementasi blended learning berbasis guided inquiry untuk meningkatkan comunication skill dan collaboration skill mahasiswa di era industri 4.0. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 8(2), 341–358. https://doi.org/10.21043/quality.v8i2.8384
Utami Dina,(2011). Animasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Vol.7 NO.1 hal 44-51.