PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA MATERI BUMI DAN TATA SURYA MATA PELAJARAN IPA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai validitas, kelayakan, dan keefektifan modul ajar kurikulum merdeka pada topik materi Bumi dan Tata Surya di SMP Negeri 9 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metodologi Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D, yang meliputi empat tahap yang berbeda: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Metodologi pengumpulan data menggunakan kuesioner, bersama dengan hasil pretest dan posttest, yang kemudian dievaluasi sesuai dengan kriteria validitas, kelayakan, dan keefektifan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) berdasarkan penilaian para ahli tingkat validitas modul ajar rata-rata sebesar 88% dengan demikian modul ajar masuk dalam kategori sangat layak dan dinyatakan dapat digunakan; (2) tingkat kepraktisan berdasarkan skor angket respon peserta didik terhadap modul ajar rata-rata sebesar 82% dengan demikian skor tersebut masuk dalam kategori sangat praktis dalam penggunaannya; (3) tingkat keefektifan modul ajar yang diperoleh dari hasil perhitungan n-gain sebesar 0,682. Nilai tersebut masuk pada kategori sedang dan menunjukkan bahwa penggunaan modul ajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Agustini, A. (2016). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi
Senyawa Hidrokarbon Kelas XI SMA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Chemical Education, 5(2), 339-340.
Alimuddin, Z., & Ubaidillah. (2022). Merancang Modul Pengajaran Berbasis CP, TP, dan ATP; Implementasi Kurikulum Merdeka.Barito Kuala: Hafecs Press.
Fatmawati, Rusdi, L., Mardhiah, A., Husna, P., & Fuady. (2022). Tahap-Tahap Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Tingkat Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 309.
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. (2023). Penggunaan Platform
Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1).
Maulida, T. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.
Jurnal Tarbawi, 5(2), 130-137.
Mufidah, A., Hasanah, R., Maulida, Y., Karenina, A., & Ksa, W. (2020). Validitas Modul Ajar Struktur dan Fungsi Sistem Peredaran Darah Berbasis Pemecahan Masalah di SMP. Proceeding of Integrative Science Education Seminar.
Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebing Tinggi Dalam Menysun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ansiru PAI, 6(1), 93-94.
Rizaldi, D., & Fathimah, Z. (2022). Merdeka Curriculum: Characteristics and Potential in Education Recovery after the COVID-19 Pandemic. International Journal of Curriculum and Instruction, 15(1).
Ruaya, P. P., Kang, X. H., Reader, S., & Hidayat, T. (2022). Role of Teacher Competence to Implement the Independent Curriculum. International Journal of Science Education and Cultural Studies, 1(2).
Sadieda, L., Wahyudi, B., Dwi, K., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1).
Wijaya, S., & Marini, A. (2022). Pengunaan Aplikasi Merdeka Mengajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2).