PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA PAPAN TUMBUHAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPAS materi bagian tubuh tumbuhan melalui penerapan model problem based learning berbantuan media Papan Tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart dalam Arikunto menggunakan 4 langkah yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) observasi (observation), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, mengajar, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menghitung rata-rata nilai dan persentase ketuntasan.Hasil penelitian didapat dari hasil perbaikan mulai dari pra siklus untuk di siklus I dan perbaikan dari siklus I untuk di siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari rata-rata nilai prasiklus adalah 54 dengan persentase ketuntasan sebesar 21%, rata-rata nilai siklus I adalah 70 dengan persentase ketuntasan sebesar 59% dan rata-rata nilai siklus I adalah 77 dengan persentase ketuntasan sebesar 79%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Papan Tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi bagian tubuh tumbuhan pada peserta didik kelas IV SD Negeri Percobaan 2 Depok kota Yogyakarta.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Amalia, Fitra, dkk. 2023. Penerapan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Batulapisi Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Compass: Journal of Education and Counselling, Volume 1 (1):
-109.
Arikunto, Suharsimi. 2020. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, Ida Suhartini Sinta. 2021. Peningkatan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Menggunakan Media Realia Pada Siswa Kelas V di MIS Miftahul Huda
Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. PESAT Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 7 (4): 143-160.
Fahri, Ullil Muhammad. 2020. Media Pembelajaran Realia.
Ginting, Seri Arita, dkk. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Manfaat Air Bagi Manusia, Hewan, dan Tumbuhan Menggunakan Model Problem Basedlearning (PBL) di Kelas V SD Negeri No.153064 Lopian 1 Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2 (4): 393-400.
Kemdikbud. 2022. Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemdikbud. 2022. Capaian pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Fase A-C untuk SD/MI/Program Paket A. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Lastari, K. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Aktivitas Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Di Mi Al-‘Adli Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.
Rahayu, Jupri, dkk. 2021. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa SD. Pinisi Journal PGSD, 1(3): 1014-1022.
Rifa’i dan Anni. 2016. Psikologi Pendidikan.
Semarang: UNNES Press
Setyaningsih, Cris Ayu & Novia Rozanti. 2019. Keefektivan Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 4 (2): 321-
Sulistiana, Indra. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2 (2): 127-133.
Syamsidah dan Hamidah Suryani. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.
Undang-Undang Republik Indonesia.Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Usman. 2021. Ragam Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Parepare: IAIN
Parepare Nusantara Press.