PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPA FASE F SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA

Yuliarti Lasena - [ https://orcid.org/0009-0008-5329-5275 ]
Masri Kudrat Umar
Dewa Gede Eka Setiawan
Tirtawaty Abdjul
Ritin Uloli
Citron Supu Payu


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.4952

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Gorontalo kelas XI Tunagrahita. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul ajar pada materi IPA yang layak, praktis dan efktif yang teruji berdasarkan kualitasnya. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Reiser dan Mollenda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Validasi keseluruhan modul ajar dinyatakan valid, (2) Kepraktisan modul ajar ditentukan melalui persentase dar keterlaksanaan pembelajaran yang terdiri dari tiga kali pertemuan mencapai 85% dengan kriteria “Sangat Baik”, dan (3) Keefektifan modul ajar ditentukan melalui persentase rata-rata aktivitas peserta didik selama tiga kali pertemuan mencapai 78% dengan kriteria “Baik”, serta ketuntasan hasil belajar peserta didik ditentukan melalui persentase rata-rata penilaian kognitif selama tiga kali pertemuan mencapai 78% dengan kriteria “Baik”, persentase rata-rata penilaian sikap selama tiga kali pertemuan mencapai 83% dengan kriteria “Sangat Baik”, dan rata-rata penilaian keterampilan selama tiga kali pertemuan yang mencapai 76% dengan kriteria “Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif untuk digunakan.


Keywords


Modul Ajar; Fase F; Kurikulum Merdeka; Siswa Tunagrahita; Sekolah Luar Biasa

Article Metrics :

References


Amirulloh, Ridlo Bhakti. 2021. Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN 16 Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Andrea, E. Y. 2020. Pengembangan Media Kotak Ajaib Berbasis Diorama Dalam Pembelajaran IPA Materu Sistem Tata Surya Pada Siswa Tunagrahita SDN Mojorejo 01 Batu. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Malang

Anonim. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Anonim. 2022. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Fase D – Fase F. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Anonim. 2022. Panduan Pelaksanaan Program Pendidikan Individual. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiarso & Aris, S. 2017. Analisis Validasi Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Edukasi. Vol. 4 (2) pp 16-17

Cindi, A. D. P & Rindayati, E. R. D. 2022. Kesulitan Calon Pendidik Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Ptk: Jurnal Tindakan Kelas. Vol. 3 (1) pp 18-27

Engelina, Nia. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Luar Biasa Kembar Karya Pembangunan 3 Bekasi. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Fajrie, Nur. & Masfuah, Siti. 2018. Model Media Pembelajaran Sains Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Bagimu Negeri. Vol. 2 (1) pp 10

Farida, dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Gamifisika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol. 11 (2) PP 95

Fitriana, Nur Syifa. 2018. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Maipita, I., Dalimunthe, M. B., & Sagala, G.H. 2021. The Development Structure of the Merdeka Belajar Curricullum in the Industrial Revolution Era. Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE 2020), 163. Atlantis Press

Maulida, Utami. 2022. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Tarbawi. Vol. 5 (2)

Maulidiyah. F. N. 2020. Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan. Vol. 29 (2) pp 93-100

Muinnah, Ira Rahmi. 2019. Strategi Pengenalan Calistung Pada Anak Usia Dini Di Sentra Persiapan PAUD Terpadu Alam Berbasis Karakter “Sayang Ibu” Banjarmasin. Skripsi Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Mukaromah, Siti Maulidatul. 2018. Pengembangan Modul IPA Brailee Berbasis Integrasi Islam dan Sains. Jurnal INKLUSI: Journal of Disability Studies. Vol. V (2) pp 196

Nadifa, Luluk, U. 2018. Pengembangan Game PADUKA. exe Berbasis RPG Maker MV Sebagai Media Belajar Mandiri Pada Materi Fungsi Komposisi. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Nesri, F. D. P. & Kristanto, Y. D. 2020. Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 9 (3) pp 480-492

Nurdyansyah, N. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Putri, N. E. M. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Quantum Learning Seni Tari Persembahan Kelas VIIIA SMPN 1 Rengat Barat. Skripsi: Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Rahimah. 2022. Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebing Tinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi PAI.

Riyanto, Sugianto Yudi Hari. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2R. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institut.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabeta.

Sumalasia. I. K. & Suarsana. I. M., & Astawa. I. W. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Multi Representasi Pada Materi Geometri Kelas VII SMPLB Tunarungu. Jurnal PHYTAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 15 (1) pp 36-37.

Tanjung, H.S & Nababan, S.A. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nangan Raya Aceh. Genta Mulia.

Wantu, Hasyim, dkk. 2022. Model Pembelajaran Component Display Theory-Self Confidence (CDT’S) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Irfani: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 18 (2) pp 165-176

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. 2019. Prinsip Khusus dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan. Vol. 9 (2).