PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS LESSON STUDY

Sri Wahyuni
Sinta Kusuma Wardani
Siti Nur Azizah
Aulia Tarisa Putri
Juwandoko Juwandoko
Ina Andriyani Rosmaya


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.4947

Abstract


Berdasarkan hasil PISA tahun 2018, kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia berada pada peringkat ke-6 terendah dengan nilai rata-rata sebesar 379. Buruknya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh pembelajaran yang berpusat pada siswa. Memang dalam pembelajaran IPA, siswa banyak menghafal dan menghitung sesuai petunjuk guru. Discovery learning merupakan model pembelajaran yang dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Model ini memungkinkan siswa berpartisipasi langsung dalam proses pencarian informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMP melalui model Discovery Learning berbasis Lesson Study. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu Perencanaan (Plan), Implementasi (Do), dan Refleksi (See). Kemudian, data penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran penemuan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


berpikir kritis; model pembelajaran; studi belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Agustami, R. P., Wiyanto, W., & Alimah, S. (2017). Persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran IPA Terpadu serta implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 96-103. https://doi.org/ 10.15294/JISE.V6I1.17069

Amaliah, N., Ningsih, F., Indriwati, S. E., & Gofur, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Berbasis Lesson Study. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya. 2(1): 29-36 Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/740

Ana, N.Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 2(1): 21-28. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851.

Budiastuti, P. N., Rosdiana, R., & Ekowati, A. (2023). Analisis Langkah-Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif Kelas IX SMP di Kabupaten Bogor Utara. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, 3(1), 39-45. https://doi.org/ 10.55215/triangulasi.v3i1.5129.

Chamisijatin, L., & Zaenab, S. (2022). Penguatan pendidikan karakter berbasis literasi melalui pendampingan lesson study di SMP Muhammadiyah 02 Kota Batu. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 10-24. https://doi.org/10.36312/linov.v7i1.633.

Dari, F. W., dan Syafri, A. (2020). Model Discovery LearningSebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(2): 1469-1479. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.612.

Dariyatun, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Termokimia Tp. 2018/2019. Jurnal Edu Research. 9(1): 54-61. https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.799.

Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 234-246. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3604.

Hadiprayitno, G., & Khair, B. N. (2018). Pemantapan kemampuan mengajar berbasis lesson study di program magister pendidikan IPA Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 68-75. https://doi.og/ 10.29303/jpm.v13i1.570.

Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(1), 135-154. https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i1.2041.

Jasman, M. w., Yusminah. H, & Ismail. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajarab Discovery Learning Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal-Soal Biologi Berkategori HOTS di SMA Negeri 1 Majene. Jurnal IPA Terpadu. 6(2): 67-75. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v6i2.33966 .

Khoiriyah, D. L., & Fachurrozie, F. (2022). Efektifitas Model Discovery Learning Berbantuan Gnomio dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Ekonomi. Business and Accounting Education Journal, 3(2), 229-240. https://doi.org/10.15294/baej.v3i2.62305.

Kodirun, Busnawir, & Elvita B. v. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lesson Study dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2): 93-104. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v7i2.3085 .

Laeni, S., Zulkarnaen, Z., & Efwinda, S. (2022). Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 13 Samarinda Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 105-115. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.935

Meriyana, R., Purwati, K. S., & Diana, H. (2020). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Sub Konsep Bryophyta Dan Pteridophyta Di Kelas X SMA IT Riyadlussholihin Sukaratu. Metaedukasi. 2(2): 64-78. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2512.

Mukaramah, M., Kustina, R., & Rismawati, R. (2020). Menganalisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Purwanti, E., & Tomiati, S. (2022). Implementasi Discovery Learning berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Masa Pemulihan Pembelajaran di SMKS Pembangunan Ternate. Jurnal Penelitian Humano, 13(2):87-95. https://doi.org/10.33387/humano.v13i2.5460

Saparuddin, Dain, D. P. U. S. P., & Sahribulan. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Diddik Melalui Penerapan Model Pembelajran Berbasis Masalah. Jurnal IPA Terpadu, 5(1):103-111. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.25502

Sari, D. R., Tomi, H., & Helen. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Lesson Study pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains. 2(1): 49-56. https://doi.org/10.36085/jrips.v2i1.4746.

Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh metode pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII ditinjau dari kemampuan berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11-18. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2561.