ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP E-BOOK IPA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA KEARIFAN LOKAL BANTEN

Annisa Novianti Taufik
Septi Kurniasih
Fhina Noviyanti
Iip Holipah
Shinji Shalsabila Andien
Kelvin Alexsander
Nina Nuraina
Roihanah Fatin


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.4925

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan E-Book IPA Berbasis Kontekstual Pada Kearifan Lokal Banten. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 10 Kota Serang dengan jumlah 33 orang dimana uji kepraktisan dilakukan secara terbatas. Pengambilan sampel penelitian dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan instrumen penelitian yaitu angket respon terhadap penggunaan E-Book IPA Berbasis Kontekstual Pada Kearifan Lokal Banten. Data angket respon siswa dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa respon siswa positif dari seluruh responden dengan rata-rata keseluruhan persentase mencapai 80,37%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Book IPA Berbasis Kontekstual Pada Kearifan Lokal Banten sangat diterima bagi siswa untuk kegiatan pembelajaran.


Keywords


E-Book IPA; pembelajaran kontekstual; kearifan lokal Banten

Article Metrics :

References


Afriani, Adriani. 2018. Pembelajaran Kontektual (Contextual Teaching And Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta’aliyah STAI Darul NW Kembang Kerang. 1(3).

Amaliyah, Nur. 2023. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MTs Miftahus Sudur Campor Proppo. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora. 2(3), 129-147. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i3.1352

Artinta, S. G & Fauziyah, H. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 210-218. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.153.

Astutik, S., & Prahani, B. K. (2018). The Practicality and Effectiveness of Collaborative Creativity Learning (CCL) Model by Using PhET Simulation to Increase Students’ Scientific Creativity. International Journal of Instruction, 11(4), 409-424. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11426a.

Djawarti, Ida. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(6).

Haqiqi, A. K., & Sa’adah, L. (2018). Deskripsi Kesulitan Belajar Materi Fisika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kota Semarang. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 1(1), 39. https://doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.404.

Hermawan, M. A. et.all. (2021). Analisis Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berpendekatan STEM Materi Termodinamika. JP2F (Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika), 12(2), 138-142. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8067.

Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2022). Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 153- 162. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108.

Johnson, E. B. (2009). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Menyenangkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.

Julia Inka Sari, dkk (2018). Kelayakan Bahan Ajar Modul Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNTAN,Pontianak. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/33329/75676581466

Laksana, D. N. L., Seso, M. A., & Riwu, I. U. (2019). Content and Flores Cultural Context Based Thematic Electronic Learning Materials: Teachers and Students’ Perception. European Journal of Education Studies, 5 (9), 145-155. https://doi.org/10.5281/zenodo.2542946.

Mangei, F. A., Komariyah, L. (2021). Respon Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Sendawar Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Online Pada Bidang Studi Geografi. Jurnal Pendidikan. 9 (3), 155-163. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/view/32646%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/download/32646/20121.

Marinda. 2020. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman. 13 (1).

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 19-26. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134.

Muttaqin, H. P. S., Sariyasa, & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1-15. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.613.

Arief Sadiman, dkk (2014). Media pendidikan. Jakarta : Rajawali pers

Suastra, I. W., Tika, K., & Kariasa, N. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains Dan Nilai Kearifan Lokal Di SMP. JPPP Lemlit, 5 (3), 258-273. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/144 .

Sudjana, N., 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Tutiasri, R. P., Laminto, N. K., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan, 2 (2).

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah (Konsep, Strategi, Dan Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yantol, dkk. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Scramble-Media Visual Peserta Didik Kelas IV SDN 4 Panarung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5 (1).