PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PAPUA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA KELAS VII SMP/MTS

Ratih Widyawati Batigin
Mustika Irianti
Edi Sutomo


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i3.4811

Abstract


Studi penelitian ini mengembangkan modul elektronik IPA dengan memanfaatkan unsur kearifan lokal di Papua, terutama dalam konteks materi mengenai Bagaimana Makhluk Hidup Berinteraksi dengan Lingkungannya, ditujukan bagi siswa-siswi kelas VII. Tujuannya adalah menciptakan bahan ajar yang layak (valid, praktis, dan efektif), menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian melibatkan ahli materi dengan skor 100% kategori "Sangat Layak", ahli media dengan skor 92,5% kategori "Sangat Layak", ahli bahasa dengan skor 66% kategori "Cukup Layak", setelah di rata-ratakan menggunakan rumus excel average mendapatkan hasil 83% dengan kategori ”Sangat Layak”dan respon dari 18 siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 2 Aimas dengan skor 3,7 kategori sangat layak. dengan nilai n-gain sebesar siswa 0,81 dengan kategori "tinggi." Hasil dari penelitian ini yaitu e-modul ini dikatakan layak untuk digunakan di kelas VII MTs Muhammadiyah 2 Aimas.


Keywords


Pengembangan; E-Modul; Kearifan Lokal; Papua; Flipbook

Article Metrics :

References


Apriliawati, D., & Fajrin, N. D. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Pamekasan Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 14(1), 353-364.

Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J, Cepi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Grafindo Persada.

Arianto, B. (2022). Pedagogi Digital dalam Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1).

Ghufron, M. (2018). Revolusi Industri 4.0 : Tantangan, Peluang Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, 332-337.

Handayani et al. (2019). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Pengembangan Modul Pembelajaran Sanggul Modern, 5. https://doi.org/10.5281/zenodo.3360401

Kurniawan, D., dkk. (2015). Pengembangan Modul Interaktif dengan Menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(6). 1-10.

Lestari, A., Lianah, L., & Hidayat, S. (2019). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal di Kawasan Wisata Goa Kreo pada materi ekosistem kelas X SMA negeri 16 Semarang. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 1-9.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). ANALISIS BAHAN AJAR. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.

Munir. (2008). Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Maridi. (2015). Mengangkat Budaya dan Kearifan Lokal dalam Sistem Konservasi Tanah dan Air Using Culture and Local Wisdom in Soil and Water Conservation.

Nita, R. (2020). Pengembangan Modul IPA Materi Sistem Gerak Pada Makhluk Hidup Berbasis Kearifan Lokal. Indonesian Journal of Natural Science Education, 3(1), 281-292.

Nurharipa, S. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis SAVI (Somatic, Audiotory, Visual, Intellectual) Pada Materi Sistem Respirasi di SMAN 1 Padang Ganting.

Satya, V. (2018). Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0.

Sulastri, S., Murniati, A. R., & Usman, N. (2021). Manajemen Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Pada Masa COVID-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 151-160.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Yolandha, W. ., & Dewi, D. A. . (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Konsilidasi Identitas Nasional di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 911–919. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1052

Zain, N. H., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1840–1846. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1051