PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH MAKHLUK HIDUP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Ina Andriyani Rosmaya
Sri Wahyuni
Juwandoko Juwandoko
Pingkan Aprileni Memorika Rianto
Alfina Salsabila
Dzulkifli Nurul Huda


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.4809

Abstract


Artikel ini membahas hasil penelitian mengenai penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan model PjBL terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam memahami konsep struktur dan fungsi tubuh makhluk hidup. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini yang pelaksanaannya dilakukan pada kondisi alamiah. Penelitian ini mendukung pentingnya penerapan model PjBL terhadap keterampilan berpikir kritis melalui kegiatan proyek pada materi ilmiah seperti Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup di tingkat SMP. Keterampilan berpikir kritis diintegrasikan pada kegiatan pembelajaran yang meliputi interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, eksplanasi, dan regulasi. Berdasarkan analisis data kualitatif deskriptif dihasilkan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP secara signifikan yang dapat diamati melalui kegiatan pembelajaran tiap indikator. Siswa juga diarahkan untuk belajar secara mandiri bersama kelompoknya serta lebih berfokus pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara seimbang. Siswa akan lebih banyak berinteraksi dengan siswa lain serta pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru melainkan berpusat pada siswa. Dengan demikian, melalui kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penarapan model PjBL secara konsisten mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui proyek yang melibatkan enam indikator berpikir kritis.


Keywords


Project Based Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Siswa SMP

Article Metrics :

References


Alamsyah, Mamam, R., & Widiasih. (2021). Pengaruh model pembelajaran project based learning dan keterampilan kolaborasi terhadap hasil belajar IPA siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 179-188.

Anggreni, Y. D., Festiyed, & Asrizal. (2019). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA. Pilar of Physics Education, 12(4), 881-888.

Astri, E. K., Jodion, S., & Bambang, H. 2022. Pengaruh model project based learning terhadap ketrampilan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik. BIODIK: jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(1), 51-59.

Dewi, M. R. 2022. Kelebihan dan kekurangan Project-Based Learning untuk penguatan profil pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum. 19(2): 213-226.

Erlinawati, C. E., Singgih, B., dan Maryani. 2019. Model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM pada pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(1): 1- 4.

Facione, P. A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment.

Fauzi, A., Herlina, S., dan Ika, R. M. 2019. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran mandiri pada pendidikan kesetaraan paket c. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. 3(1): 52-58.

Jayanti, A. D., Wisanti, & Sari, K. D. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan kelas XII SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 12-19.

Mulyana, E., Juariah, Ade, S., Triani, W., & Asep, S. (2022). Implementasi model project based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 25-32.

Nugroho, A. T., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif. Jurnal Bioterdidik, 7(3), 50-58.

Ramdani, A., A. W. Jufri, Jamaludin, dan Dadi, S. 2020. Kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep dasar IPA peserta didik. Jurnal Penelitian Penelitian IPA. 6(1): 119-124.

Ratno, S., Mutiara, L., Etika, S., Feby, S. H., & Lamria, S. (2022). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD pada pembelajaran IPA. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 12(4), 339-345.

Rosyidah, N. D., Sentot, K., dan Ahmad, T. 2020. Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model STEM PjBL disertai penilaian otentik pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan. 5(10): 1422-1427.

Schleicher, A. 2019. PISA 2018: Insight and Interpretasions. France: OECD Publishing.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.