PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA KELAS XI MIPA

Siti Anjar Priyadi
Masni Veronika Situmorang
Gunaria Siagian


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i2.4786

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMA Negeri 1 Siantar. 2) mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa kelas XI MIPA pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMA Negeri 1 Siantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi adalah keseluruhan subjek penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Siantar tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah XI MIPA 3 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 5 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian: Adanya pengaruh hasil belajar, dimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode mind mapping lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan metode mind mapping dengan melihat nilai hasil belajar kedua kelas yaitu nilai rata-rata postest dikelas eksperimen 81,53 sedangkan nilai rata-rata postest di kelas kontrol 73,51. Adanya pengaruh kreativitas siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode mind maping. Kreativitas siswa dengan menggunakan metode mind mapping lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan metode mind mapping di lihat dari hasil angket kreativitas nilai rata-rata di kelas eksperimen 15,94 sedangkan nilai rata-rata di kelas kontrol 7,24.


Keywords


Mind mapping; kreativitas; struktur jaringan tumbuhan; fungsi jaringan tumbuhan

Article Metrics :

References


Acesta, iA. i2020. iPengaruh iPenerapan iMetode iMind imapping iTerhadap iKemampuan iBerpikir iKreatif iSiswa”. iJurnal iNaturalistic. iVol. i4, ino.2b

Ahmad iAgus iFirman, i2018. iPengembangan iMedia iPembelajaran imind imap iterhadap iHasil iBelajar iSiswa ipada iMata iPelajaran iTeknik iElektronika iDasar idi iSMK iNegeri i2 iBojonegoro. iJurnal iPendidikan iTeknik iElektro. iVol.04 iNo. i01. ihal. i11

Aisyah, iSiti. i2017. iUpaya iMeningkatkan iKreativitas iAnak iMelalui iKegiatan iMenggambar iDi iRa. iAl-Yusufi iDasok iPademawu iPamekasan iKelompok iB i. iUndergraduate ithesis. iUniversitas iMuhammadiyah iSurabaya.

Anastasya iMarxy, i2017. iPengaruh iModel iPembelajaran iMind imapping iTerhadap iHasil iBelajar iMatematika iSiswa. iJurnal iKajian iPendidikan iMatematika.

Arikunto, iS. i2019. iProsedur iPenelitian. iJakarta: iRineka iCipta.

Bekti iRianto, i2018. iPengaruh iMetode iMind imapping iterhadap iketuntasan ibelajar iIPA ipada iSiswa iFull iDay iSchool. iTesis iProgram iMagister iSains iPsikologi iProgram iPascasarjana iUniversitas iMuhammadiyah iSurakarta.

Budi iTri iSiswanto, i2017. iFaktor-faktor iyang iMempengaruhi iHasil iBelajar iSiswa ipada iPembelajaran iPraktik iKelistrikan iOtomotif iSMK idi iKota iYogyakarta. iJurnal iPendidikan iVol. i6, ino. i1

Daryani, i2019. iPengaruh iPenerapan iModel iReciprocal iTeaching iTerhadap iKemampuan iRepresentasi iMatematis iSiswa iSMP. iSkripsi. iLhoksemawe: iUniversitas iAgama iIslam iNegeri iMalikussaleh.

Deby iet ial., i2017. iPengembangan iMetode iMind iMapping iuntuk iMeningkatkan iPemahaman iKonsep. iJurnal iEDUCARE, ivol. i15, ino. i2, ihal. i2 i

Eka iPratiwi iTenriawaru, i2018. iImplementasi iMind imapping idalam iKegiatan iPembelajaran idan iPengaruhnya iterhadap iPendidikan iKarakter. iJurnal iProsiding iSeminar iNasional. iVol.01 iNo. i1

Hamalik, iO. i2019. iKurikulum idan iPembelajaran. iJakarta: iPusat iPenerbit iPT. iBumi iAksara.

Hamzah iB.uno idan iNurdin iMuhammad., i2017. iBelajar iDengan iPendekatan iPailkem. iJakarta: iPT. iBumi iAksara

Hardani iet ial., i2020. iMetode ipenelitian iKualitatif i& iKuantitatif. iYogyakarta: iCV. iPustaka iIlmu

Istarani. i2017. i58 iModel iPembelajaran iInovatif. iMedan: iMedia iPersada

Intani, iS. iM. i2019. iPengaruh iModel iPembelajaran iSimayang iBerbantuan iMind imapping iTerhadap iMotivasi iBelajar iPeserta iDidik iSman i13 iBandar iLampung. iSkripsi. iBandar iLampung: iUniversitas iIslam iNegeri iRaden iIntan iLampung.

Iyan iSofiyan, i2017. iPenerapan iMetode iPembelajaran iExample iNon iExample iTerhadap iPeningkatan iHasil iBelajar iPeserta iDidik iPada iMata iPelajaran iPendidikan iPancasila iDan iKewarganegaraan i(Penelitian iTindakan iKelas iPada iMateri iPelanggaran iHam iDi iKelas iX iSman i1 iSoreang i). iSkripsi(S1) iThesis, iFkip iUnpas.

Kartika, iI. iA. i2020. iPengaruh iMetode iMind imapping iTerhadap iKeterampilan iMetakognitif iDan iHasil iBelajar iPeserta iDidik iKelas iX iSMA iMuhammadiyah i1 iUnnismuh iMakassar. iSkripsi. iMakassar: iFKIP iUniversitas iMuhammadiyah iMakassar.

Millah, iIzzatul. i2018. iImplementasi iprogram iCreative iStudent iDay i(CSD) idalam imeningkatkan ikreativitas isiswa iMA iNasy'atul iMuta'allimin iI iPutri iGapura iTimur iGapura iSumenep. iUndergraduate ithesis. iUIN iSunan iAmpel iSurabaya.

Mohammad iAli idan iMohammad iAsrori, i2017. iPsikologi iRemaja iPerkembangan iPeserta iDidik. iJakarta: iPt iBumi iAksara.

Mulyani, iD. i2018. iPeningkatan iKemampuan iPemecahan iMasalah iMatematis iSiswa iSMPN i4 iLhoksukon iMelalui iStrategi iThink iTalk iWrite. iSkripsi. iLhoksemawe: iUniversitas iInstitut iAgama iIslam iNegeri.

Nadya iYulianti, i2018. iPengaruh iMind imapping iTraining iterhadap iberpikir iKreatif iSiswa iSMU iMuhammadiyah i4 iJakarta. iJurnal iFakultas iPsikologi. i

Nirwana, iM. i2020. iPenerapan iModel iPembelajaran iReciprocal iTeaching iDalam iMeningkatkan iKemampuan iBerpikir iKreatif iMatematis iSiswa iPada iMateri iGaris iSinggung iDalam iDua iLingkaran iKelas iViii iMts iSwasta iSyamsuddhuha. iSkripsi. iLhoksemawe: iUniversitas iAgama iIslam iNegeri iMalikussaleh.

Perangin-Angin, iMonalisa iBr. i2023. iPengaruh iMedia iGambar iTerhadap iHasil iBelajar iPada iMateri iJenis-Jenis iHewan iBerdasarkan iMakanannya iDi iKelas iIv iSd iNegeri i106146 iSunggal iTahun iAjaran i2022/2023. iSkripsi iThesis, iUniversitas iQuality

Resnita, iR. i2017. iPengembangan iMedia iPembelajaran iBiologi iBerbasis iMind iMap iApplication iDi iKelas iXI iSma iNegeri iI iTanete iRiaja iKabupaten iBarru. iSkripsi. iMakassar: iUniversitas iIslam iNegeri i(Uin)Alauddin iMakassar.

Roso iSugiyanto, i2017. iPengaruh iPenggunaan iMetode iMind iMapping iterhadap iHasil iBelajar iSiswa idi iKelas iV iSDN iMenteng. iJurnal iPendidikan. iVol. i12, ino. i2, ihal. i58

Sarmi, i2020. iPenggunaan iModel iPembelajaran iMind imapping iUntuk iMeningkatkan iKreativitas iDan iPengguasaan iMateri iPelajaran iEkonomi. iJKTP. iVol i3 iNo.1, ihal. i78-87

Slameto. i2018. iBelajar idan iFaktor-faktor iYang iMempengaruhi. iJakarta: iRineka iCipta

Syarifudin iBahri iDjamarah idan iZain iA. i2020. iBelajar iMengajar. iJakarta: iRineka iCipta

Sugiyono. i2018. iMetode iPenelitian iKuantitatif. iBandung: iAlfabeta.

Sugiyono. i2019. iMetodelogi iPenelitian iKuantitatif idan iKualitatif iDan iR&D. iBandung: iAlfabeta.

Wahab, iRosmalina. i2018. iPsikologi iBelajar. iJakarta: iRajawali iPers

Widia iAstutiningsih, i2017. iPengaruh iKreativitas iGuru iDalam iPembelajaran iTerhadap iPrestasi iBelajar iSiswa iKelas iIV iSD iNegeri i2 iNgulakan iKarangsari iPengasih iKulon iProgo. iS1 iThesis: iUniversitas iNegeri iYogyakarta

Widia iHapnita. i2018. iFaktor iInternal idan iEksternal iyang iDominan iMempengaruhi iHasil iBelajar iMenggambar idengan iPerangkat iLunak iSiswa iKelas iXI iTeknik iGambar iBangunan iSMKN i1 iPadang. iJurnal iCIVED. iVol. i5